Salad buah yang segar dan lezat cocok sebagai camilan yang menyehatkan. Untuk mendapatkan rasa terbaik, yuk, simak beberapa cara memilih buah berikut.

Membuat salad buah tidak bisa sembarangan. Kalau salah memilih buah yang tidak segar, bukananya segar, salad buah malah menjadi tidak sedap. ENDEUSTiast tentu tidak mau kan hal itu terjadi. Tentu ENDEUSiast ingin salad buah yang ENDEUSiast santap selalu segar dan sehat. Kali ini, Endeus.tv akan berbagi tip agar salad buah selalu segar, lezat dan tentu saja sehat. Baca sampai habis ya.

1/ Buah Musiman

Pilihlah buah yang sedang musim sebagai isian salad. Buah yang sedang musim memiliki rasa dan tekstur yang sedang nikmat-nikmatnya.

Sebagai contoh, ENDEUSiast bisa memilih buah manggis, rambutan, dan alpukat di Akhir tahun hingga awal tahun sekitar bulan November-Februari. Di bulan Maret dan April, buah salak, jeruk, dan duku sedang enak-enaknya, loh. Sedangkan di bulan Mei sampai September, ENDEUSiast bisa memilih buah melon, belimbing, mangga, atau jambu air. Akan tetapi, ada juga beberapa buah di Indonesia yang bisa ENDEUSiast nikmati sepanjang tahun seperti nangka, pepaya, sirsak, dan pisang.

2/ Buah Yang Sebaiknya Dihindari

Hindari buah-buahan yang lembek seperti kiwi dan buah pear. Daripada menggunakannya untuk salad, ENDEUSiast lebih baik langsung memakannya. Pasalnya, buah-buahan ini tidak akan bertahan lama.

Selain itu, pilihlah buah dengan tingkat kematangan yang sama. Salad buah tidak akan terasa nikmat jika di dalamnya terdapat buah yang terlalu matang dan lembek dibarengi dengan buah yang belum terlalu matang dengan tekstur yang keras. Buah yang terlalu matang lebih mudah hancur dan tidak tahan lama. Dengan mencampur buah-buahan matang tapi tidak lembek, salad buahmu akan terlihat segar dalam waktu yang lama.

3/ Perhatikan Tahap Penyusunan Buah

Saat membuat salad, letakkan buah yang lebih keras seperti apel, jeruk, nanas, dan anggur di bagian bawah. Letakkan buah yang lebih lunak seperti beri-berian. Sedangkan di paling atas, letakkan buah-buahan yang paling lunak seperti mangga dan pepaya.

4/ Ukuran Potongan Buah Yang Tepat

Potonglah buah-buahan dengan ukuran yang sedang. Jangan memotong buah terlalu kecil karena bisa membuah buah lebih mudah hancur. Potonglah buah membentuk dadu berukuran 2,5 cm meter. Ukuran medium adalah ukuran yang sempurna.

Selain itu, campurkan buah-buahan dengan warna yang mencolok seperti merah, hijau, oranye, dan ungu untuk membedakan setiap buah yang ada di salad. Pilihlah tekstur buah yang bervariasi. Misalnya, ENEUSTiast bisa menggabungkan buah yang bertekstur renyah, buah yang berair, dan buah yang berserat. Perbedaan tekstur ini akan memanjakan gigi dan lidah ENDEUSTiast.

5/ Elemen Citrus Dalam Salad Buah

Tambahkan air lemon peras segar untuk memperkuat rasa salad buah. Jus ini adalah sumber vitamin C dan antioksidan yang membantu melindungi buah agar tidak berubah warna menjadi coklat. Selain itu, jus lemon menjadi “garam” bagi salad buahmu. ENDEUSiast juga bisa menambahkan parutan kulit lemon agar lebih segar.

ENDEUSiast juga bisa menambahkan herbs seperti daun mint jika tidak tidak terlalu suka lemon. Daun mint akan menambah kelezatan saladmu, apalagi jika terdapat melon, beri, dan jeruk di dalamnya.

Itu tadi tips dari Endeus.tv dalam memilih buah untuk salad. Sekarang, ENDEUSiast tinggal mencari dressing yang nikmat. Cobain 7 Salad Dressing Sedap dari Endeus.tv , ya.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.