Menu ayam semur bisa menjadi salah satu pilihan sebagai lauk bersantap. Cita rasa manis dan aroma khas semur cocok disajikan di akhir pekan.

Pernah makan semur ayam? Pasti tahu kan rasanya manis dan juga tekstur kuahnya yang kental itu membuat siapapun yang makan akan menyukainya. Apalagi bagi yang suka masakan manis. Bumbu dan kecap pun bisa meresap hingga kedalam daging sehingga ketika ENDEUSiast mengigitnya akan terasa sensasi kelezatan bumbu khas semur.

Memasak semur ayam yang bumbunya bisa meresap sempurna hingga kedalam sebenarnya mudah. Hanya saja diperlukan sedikit teknik agar bumbu bisa meresap. Bila ENDEUSiast ingin mencobanya, mari simak tips di bawah ini untuk mendapatkan semur ayam yang lezat.

1/ Memilih Bumbu Segar

Untuk membuat semur ayam ENDEUSiast perlu menyiapkan beberapa bumbu segar yang bisa ENDEUSiast beli di pasar. Jika ENDEUSiast menggunakan bumbu yang ada di rumah, pastikan kondisinya masih segar. Jangan gunakan jika kondisinya sudah layu terutama pada rempahnya.

Gunakan juga bawang yang masih segar karena bila dicampurkan dengan bawang yang kualitasnya sudah menurun, bisa mengubah aroma dan rasa dari masakan. Untuk bumbu rempah seperti lengkuas, jahe dan daun serai bisa ENDEUSiast geprek terlebih dahulu sebelum ditumis.

2/ Memotong Ayam

Ayam yang digunakan untuk semur harus berukuran kecil. Jadi bila ENDEUSiast membeli ayam utuh di pasar, mintalah pedagangnya untuk memotong menjadi ukuran yang kecil karena akan dibuat menjadi semur. Biasanya pedagang sudah paham mengenai ukuran potongan ayam yang akan disemur.

Tujuan dari pemotongan daging menjadi bagian kecil-kecil adalah supaya bumbu semur bisa meresap sempurna ke dalam daging ayam. Pada saat memakannya pun tidak terlalu sulit karena ukurannya yang kecil.

3/ Menggunakan Kecap Manis Murni

Warna coklat pada semur dihasilkan dari kecap. Pemilihan kecapnya juga tidak bisa sembarangan. Untuk menghasilkan warna dan rasa yang pekat maka pilihlah kedelai hitam murni karena lebih pas dipadukan dengan berbagai jenis masakan serta dapat membuat rasa dan aromanya meresap hingga kedalam daging ayam.

4/ Proses Memasak

Pada saat proses memasak semur ayam, gunakan api kecil agar bumbunya bisa meresap. Memasak dengan menggunakan api kecil memang membutuhkan waktu yang agak lama, tetapi hasilnya tidak akan mengecewakan karena bumbu semur akan bisa meresap di daging ayam. Untuk menuang airnya pun dilakukan secara bertahap agar tidak banyak uap pada masakan. Tambahkan juga kecap dan penyedap rasa lainnya agar hasil semur ayam menjadi lezat.

Jika ingin semur yang berbeda, ENDEUSiast bisa mencoba membuat semur ayam bakar. Jadi ayamnya dibakar terlebih dahulu. Selamat mencobanya di rumah.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.