Semur bola-bola daging kerap hancur saat dimasak? Perhatikan beberapa langkah berikut agar kejadian tersebut tak terulang lagi.

Mungkin jarang sekali masakan Indonesia yang dibuat menggunakan bola daging, karena bola daging justru biasa digunakan dalam sajian Barat. Bola daging sendiri dibuat menggunakan daging giling dengan aneka bumbu yang membuat bola daging ini kaya rasa nantinya. Setelah tercampur rata, barulah bola daging yang telah dibumbui ini dibentuk bulan dan dimasak.

Meskipun banyak digunakan dalam sajian Barat, bukan berarti di Indonesia tidak ada. Ada beberapa masakan Indonesia yang bisa dimasak menggunakan bola daging ini, salah satunya semur. Sepintas mungkin pembuatan bola daging ini telihat mudah, namun dalam beberapa kasus pembuatan bola daging bisa gagal akibat adonan yang hancur hingga daging yang keras dan kering. Lalu, bagaimana caranya agar bola daging tak hancur?

Memilih Daging Segar

Saat membuat bola daging untuk semur, ENDEUSiast bisa menggunakan daging dengan jenis apapun. Pilih daging segar dengan warna merah cerah dengan segel rapat dan tak berlendir. Selain itu, segera olah daging saat daging giling telah dibeli. Dengan begitu bola daging akan fresh dan terasa segar.

Menambahkan Tepung sebagai Perekat

Dalam pembuatan bola daging, hal yang harus dilakukan adalah mencampurkan daging giling dengaan bumbu agar rasa daging giling semakin lezat. Untuk ini, sebaiknya pilih bumbu bubuk agar adonan mudah tercampur. Selanjutnya, jika ingin bola daging yang lebih bertekstur, potong halus atau bentuk potongan dadu sebelum dicampurkan ke dalam adonan.

Agar semua adonan merekat sempurna, berilah tambahan telur dan tepung. Bisa gunakan tepung maiena, tapioka, atau serbaguna.

Merebus atau Oseng Hingga Kecoklatan

Setelah adonan daging dibumbui dan dibentuk bulat, rebus dan goreng sebentar sebelum dimasak hingga kecoklatan. Warna daging yang berubah menjadi kecoklatan ini mampu membuat bola daging tetap set dan tidak hancur.

Jika ingin direbus, masukkan air ke dalam panci dan rebus hingga mendidih. Kecilkan api, dan masukkan bola daging. Untuk goreng, masukkan bola daging ke dalam wajan yang telah diberi sedikit minyak. Jangan lupa bolak balik agar warna cokelatnya merata.

Jangan Sering Diaduk

Sat bola daging telah set dan matang sempurna, masak bola daging menjadi semur. Siapkan bumbunya dan hindari mengaduknya terlalu sering. Terlalu sering mengaduk hanya akan menyebabkan bola daging hancur. Balikkan sesekali saja untuk mematangkan kedua sisinya.

Dengan membuat semur menggunakan bola daging, maka ENDEUSiast tak perlu repot menggigit daging yang keras. Bahkan si kecil pun bisa ikut mengkonsumsinya tanpa repot. Selain semur, bola-bola daging yang telah jadi bisa dibuat menjadi Bola-Bola Daging Kecap dan Gulai Bola Daging . Mari dicoba.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.