Sudah Tahu Bedanya Bulgogi dan Yakiniku?
Sudah Tahu Bedanya Bulgogi dan Yakiniku?

Meski sama-sama berbahan dasar daging sapi dan memiliki tampilan yang serupa, berikut letak perbedaan kedua sajian daging nikmat ini.

Masakan daging panggang yang populer di Asia adalah bulgogi dari Korea Selatan dan Yakiniku dari Jepang. Dua jenis masakan daging panggang ini sekilas terlihat sama dengan tampilan yang mirip. Sehingga tidak jarang orang yang mengira dua masakan daging ini sebagai satu masakan yang sama. Padahal meskipun bahan utamanya sama-sama daging, nyatanya bulgogi dan yakiniku berbeda. Berikut ini beberapa perbedaan bulgogi dan yakiniku yang perlu diketahui.

1/ Bumbu yang Digunakan

Bumbu yang digunakan untuk kedua masakan daging panggang ini memang cukup mirip. Salah satu bumbu dasar yang digunakan adalah kecap asin. Bulgogi menggunakan campuran kecap asin, gula, minyak wijen, bawang putih, jahe, dan lada hitam sebagai bumbu dasar marinasi. Selain itu, bulgogi juga dimasak dengan tambahan bahan seperti daun bawang. cabai hijau besar, bawang Bombay, dan sebagainya. Sedangkan yakiniku menggunakan bumbu kecap asin Jepang, sake, bawang putih, kecap manis, gula, dan minyak.

2/ Cara Memasak

Dari segi memasak, bulgogi dan yakiniku juga berbeda. Daging untuk bulgogi harus direndam dalam bumbu setidaknya lima jam sebelum dimasak. Sedangkan daging untuk yakiniku tidak membutuhkan waktu marinasi yang lama. Beberapa saat setelah dicampur dengan bumbu, daging yakiniku bisa langsung dimasak diatas bara api atau grill. Berbeda dengan yakiniku, bulgogi tidak dimasak diatas grill namun dengan menggunakan hot plate. Sehingga bulgogi disajikan dengan sedikit kuah sehingga rasa dan tekstur daging lebih juicy.

3/ Rasa dan Tampilan

Ketika sudah matang, daging pada bulgogi mempunyai warna yang lebih pucat dibanding dengan yakiniku. Hal ini karena yakiniku dimasak diatas grill atau bara api sedangkan bulgogi dimasak diatas hotplate. Selain itu, tampilan daging yakiniku juga lebih mengkilat karena proses karamelisasi dari kecap manis. Rasa yakiniku juga lebih manis dibanding dengan bulgogi yang tidak menggunakan kecap manis. Bila dilihat sekilas, tampilan bulgogi lebih mirip dengan semur daging karena sedikit basah dan juga menggunakan sayuran sebagai pelengkapnya.

4/ Cara Makan

Daging yakiniku biasanya dipotong dalam ukuran besar sebelum dimasak. Kemudian daging akan dipotong-potong selama proses pemanggangan hingga matang merata. Selain itu, karena daging yakiniku tidak terlalu lama dimarinasi, ENDEUSiast bisa mencelupkan potongan daging yakiniku yang sudah matang dalam saus cocolan. Yakiniku ini biasanya disajikan dengan nasi putih.

Berbeda dengan yakiniku, daging bulgogi biasanya sudah diiris tipis-tipis agar lebih mudah matang dan bumbu bisa meresap dengan baik. Selain itu, bulgogi disajikan dengan daun selada atau daun perilla. Penyajian bulgogi adalah dengan membungkus daging dalam daun selada dengan ditambah saus ssamjang, kemudian bungkus daging dan langsung dilahap.

Endeustorial

Ikuti Instagram