Masakan Jawa terkenal dengan variasi yang beragam. Namun sayangnya beberapa makanan sudah mulai punah karena kurangnya peminat.

Semua masakan, termasuk masakan Jawa selalu mengalami evolusi atau perubahan. Setiap tahunnya ada banyak inovasi masakan-masakan baru untuk memenuhi permintaan pecinta kuliner. Perubahan ini adalah hal yang bagus, namun beberapa masakan Jawa ada yang tidak bisa bertahan dengan perubahan ini. Sehingga banyak masakan jadul yang hampir punah dan susah ditemukan.

Bila ENDEUSiast adalah salah satu pecinta masakan Jawa, ada baiknya ENDEUSiast mencoba beberapa masakan berikut ini sebelum benar-benar punah berikut ini:

1/ Mie Lethek

Mie lethek adalah salah satu kuliner mie yang berasal dari Yogyakarta. Disebut mie lethek karena mie yang digunakan kusam sehingga disebut lethek. Bahan yang digunakan untuk membuat mie adalah tepung gaplek dan tapioka sehingga warnanya menjadi kusam. Kemudian mie lethek ini diolah menjadi mie goreng dan rebus dan dimasak dengan menggunakan arang dari batok kelapa. Bila berkunjung ke Yogyakarta, jangan lupa mencicipi mie lethek yang semakin langka ini ya.

2/ Pecel Semanggi

Pecel semanggi adalah salah satu kuliner yang berasal dari Surabaya. Bahan utamanya adalah rumput semanggi. Meskipun judulnya pecel, namun pecel semanggi ini berbeda dengan pecel kebanyakan. Perbedaannya adalah dari bumbu yang digunakan karena menggunakan campuran petis dan ketela. Menemukan penjual pecel semanggi ini juga cukup sulit di Surabaya dan biasanya dijajakan oleh penjual keliling.

3/ Grontol Jagung

Grontol jagung adalah salah satu camilan khas dari Jawa Tengah. Masakkan ini berbahan dasar jagung yang sudah tua, kemudian direndam, dan direbus lama hingga merekah. Jagung rebus ini kemudian disajikan bersama dengan parutan kelapa dan taburan garam. Masakan Jawa yang satu ini termasuk yang terancam punah karena ada banyak olahan jagung serupa yang lebih modern dengan taburan coklat, keju, dan susu. Padahal grontol jagung juga tidak kalah sedap, loh , dengan olahan jagung yang lain.

4/ Kue Gandos

Kue gandos adalah salah satu masakan khas Betawi yang terbuat dari tepung kanji dan kelapa parut. Kue ini dimasak dengan cetakan khusus berbentuk elips dan disajikan dengan taburan gula pasir atau gula merah. Kue gandos ini sebenarnya sangat lezat karena rasanya yang gurih dari kelapa dan teksturnya krispi diluar dan lembut didalam.

5/ Pecel Sego Abang

Pecel sego abang adalah salah satu masakan khas dari Solo. Masakan yang satu ini berbahan dasar nasi merah dan sayuran seperti pecel pada umumnya. Yang membedakan pecel sego abang dan pecel lainnya adalah bumbunya yang menggunakan wijen hitam sebagai pengganti kacang.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.