Masakan Jawa memang sudah banyak dikenal di seluruh negeri. Tapi 5 masakan Jawa ini wajib untuk dicoba.

Sebagai salah satu makanan khas, masakan jawa sudah banyak dikenal di seantero negeri. Bahkan ketika tidak sedang berada di Pulau Jawa, menemukan masakan Jawa tidaklah sulit. Ada banyak jenis makanan jawa dengan ciri khas yang berbeda dengan masakan dari daerah lain.

Meskipun sudah banyak dikenal, ternyata ada beberapa masakan yang kalah terkenal dengan masakan yang lain. Jadi jangan ngaku tahu banyak tentang makanan Jawa, bila belum pernah mencoba makanan berikut ini.

1/ Nasi liwet

Nasi liwet ini berasal dari Solo. Nasi liwet ini berbeda dengan nasi pada umumnya karena proses pemasakan yang berbeda. Nasi dimasak dengan menggunakan santan dan rempah-rempah sehingga rasanya lebih gurih dan wangi dari biasanya. Selain itu, cara memasak nasi liwet juga unik karena menggunakan panci khusus liwet dan dimasak secara manual. Nasi liwet ini mudah ditemukan di warung lesehan hingga restoran.

2/ Nasi pecel

Nasi pecel adalah salah satu makanan Jawa yang wajib dicoba. Sekilas nasi pecel mirip dengan gado-gado namun bumbu kacang yang digunakan berbeda. Selain itu, nasi pecel bisa dihidangkan dengan nasi ataupun lontong. Tergantung dengan daerah asalnya, nasi pecel biasa dihidangkan dengan lauk dan sayur pendamping seperti oseng-oseng atau sambal tumpang. Tapi yang tidak boleh tertinggal dari nasi pecel adalah rempeyek sebagai pengganti kerupuk.

3/ Rawon

Rawon adalah salah satu makanan khas Jawa Timur yang wajib untuk dicoba. Tidak susah untuk menemukan rawon yang lezat di daerah Jawa Timur. Ciri khas dari rawon adalah kuah hitam yang gurih karena penggunaan kluwek atau kluwek. Selain itu, rawon juga disajikan dengan tauge kecil, bawang goreng, dan juga kerupuk udang. Daging yang biasannya digunakan untuk rawon adalah daging yang sedikit berlemak karena akan memberikan rasa gurih pada kuahnya.

4/ Nasi krawu

Nasi krawu adalah makanan khas dari daerah Gresik. Makanan ini biasanya disajikan dengan bungkus daun pisang sehingga memberikan rasa harum yang khas. Nasi krawu terdiri dari nasi yang pulen dan disajikan dengan potongan atau suwiran daging ayam atau daging sapi, serundeng, dan juga sambal terasi. Satu porsi nasi krawu memang tidak banyak namun biasanya cukup untuk sarapan.

5/ Rujak cingur

Rujak cingur adalah salah satu varian rujak yang berasal dari Jawa Timur. Yang membedakan rujak cingur dengan rujak ulek lain adalah penggunaan cingur. Dalam bahasa Jawa, cingur adalah mulut dan hidung sapi sebagai bahan utama rujak. Kemudian rujak ditambah dengan bahan lainnya seperti sayuran, tempe, tahu, mentimun, dan sebagainya.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.