Sayur Lokal Mudah Diperoleh Namun Jarang Diolah
Sayur Lokal Mudah Diperoleh Namun Jarang Diolah

Sayur Lokal Mudah Diperoleh Namun Jarang Diolah

Sayuran lokal dekat di mata namun kurang akrab di dapur. Intip inspirasi memasak sayur lezat murah meriah berikut

Sayur lokal sangat mudah diperoleh dan mudah tumbuh. Sayangnya masih kurang akrab penggunaannya dalam dapur rumahan. Sayur mengandung serat tinggi sehingga sangat disarankan untuk selalu dikonsumsi demi menyehatkan tubuh. Selain sehat sayuran lokal ramah lingkungan karena tidak membutuhkan pengiriman jarak jauh yang menyumbang emisi ke atmosfer bumi.

Mungkin selama ini ENDEUSiast hanya buah dari tanaman labu siam dan ubi. Padahal daun dari tanaman tersebut bisa diolah juga menjadi sebuah masakan sayur yang enak. Nah, sebelum memutuskan untuk mencobanya ENDEUSiast harus tau aneka jenis sayur khas Indonesia di bawah ini.

1/ Daun Kenikir

Jenis sayur yang ini memang tidak sepopuler seperti bayam maupun kangkung. Sayur yang mungkin jarang dimasak oleh orang-orang nyatanya memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh terdiri dari vitamin A, kalsium, karbohidrat, protein dan masih banyak kandungan gizi sehat lainnya.

Sayur yang memiliki nama lain ulam raja ini bisa ENDEUSiast ketahui dengan ciri khasnya yaitu seperti tangkainya yang panjang dengan daun yang bentuknya membujur. Di Indonesia, daun kenikir masih dijadikan sebagai bahan masakan seperti membuat urap dengan menggunakan daun kenikir muda.

2/Daun Ubi Jalar

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa tidak hanya ubi jalar saja yang bisa dimakan tetapi daunnya pun bisa ENDEUSiast manfaatkan sebagai bahan masakan. Di dalam daun ubi jalar terdapat beberapa kandungan gizi protein dan mineral sehingga sangat bagus untuk dikonsumsi. Rasa dari daun ubi jalar hampir sama dengan sayur kangkung sehingga banyak digunakan untuk berbagai jenis masakan seperti yang ada di Jawa yaitu Lung Bolet , artinya adalah tumis daun ubi.

3/ Daun Mengkudu

Biasanya buah mengkudu atau pace digunakan untuk kebutuhan obat. Daunnya juga bisa dikonsumsi. Bisa dicampur untuk tumisan nasi goreng atau kukus menjadi isian pepes seperti resep ini . Gunakkan daun lebar namun tidak terlalu tua. Buang tulang daunnya sebelum diolah. Paling lezat nila dijodohkan dengan ikan gurih seperti ikan peda, ikan teri, atau ikan asin.

4/ Daun Talas

Daun ini juga yang populer digunakan adalah umbi buahnya yakni talas atau taro. Di Kepulauan Hawaii daun talas digunakan untuk bungkusan hidangan ikan kukus khas pulau tropis tersebut. Biasanya langsung disantap dengan daun pembungkusnya. Buntil khas Jawa juga menggunakan daun talas untuk pembungkus yang bisa langsung disantap. Sayangnya sudah jarang karena lebih banyak menggunakan daun singkong. Mengingat daun talas butuh tanah cukup air dan kelembaban suhu yang tepat untuk tumbuh.

Itulah beberapa jenis sayur lokal khas Indonesia yang sudah terdengar jarang dimasak, ENDEUSiast bisa mengolahnya kembali dengan ide kreasi masakanmu sendiri.

Endeustorial

Ikuti Instagram