Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Masakan Jepang memang selalu menarik untuk diulik setiap detailnya. Hampir semua masakan Jepang menggunakan saus untuk memperlezat makanannya.

Bagi pecinta masakan Jepang pasti tidak pernah bosan untuk menyantapnya. Tampilan penyajiannya yang menarik selalu bisa membuat kita penasaran, apalagi bila sudah mencicipinya dijamin akan merasakan kelezatan khas dari masakan Jepang.

Semua bahan memiliki perpaduan yang pas dengan tambahan saus sebagai pelengkapnya. Jangan pikir saus yang digunakan adalah saus biasa. Di Jepang, hampir di setiap masakannya memiliki saus tersendiri dengan ciri khas dan cita rasa yang berbeda-beda.

Bila ENDEUSiast makan di restoran Jepang mungkin akan bisa langsung memakannya tanpa harus mengetahui jenis saus apa yang dipakai. Namun, apabila ingin membuat sendiri di rumah, ENDEUSiast harus tahu aneka jenis saus pada masakan Jepang. Daripada bingung lebih baik simak pembahasannya di bawah ini.

1/ Saus Katsu

Di jepang, setiap masakan katsu memiliki saus tersendiri yang diberi nama saus katsu. Ciri khas dari saus ini adalah rasanya yang manis dan gurih. Bahan yang digunakan untuk membuat saus katsu diantaranya adalah bawang putih, saus tomat, bubuk wijen, gula, Dijon mustard, mirin, soya sauce dan Worcestershire.

Melihat dari bahan yang digunakan maka bisa dipastikan saus ini tidaklah pedas. Tetapi bila ENDEUSiast ingin membuat masakan pedas seperti ayam katsu balado dirumah maka bisa menggunakan beberapa cabai yang dihaluskan dengan bumbu lainnya.

2/ Saus Teriyaki

Sebenarnya teriyaki bukanlah nama makanan melainkan suatu teknik memasak yang biasa digunakan oleh orang Jepang. Teriyaki merupakan teknik menumis atau memanggang ikan atau daging sapi dengan cara dicelupkan kedalam saus teriyaki sebelum dilakukan proses memasak. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat saus teriyaki diantaranya shoyu, mirin, gula dan sake. Dilengkapi dengan irisan daun bawang dan potongan acar jahe.

3/ Mentsuyu

Untuk jenis saus yang satu ini sebenarnya bisa dipakai untuk masakan Jepang apa saja, tetapi warga lokal lebih banyak menggunakannya untuk hidangan sejenis tempura, tofu, udon atau dipping sauce soba. Mentsuyu memiliki aroma yang khas rumput laut dengan cita rasa yang ringan dan gurih.

4/ Shoyu

Jika dari beberapa penjelasan diatas shoyu banyak dijadikan bahan untuk membuat saus maka untuk yang satu ini juga bisa langsung disajikan bersama dengan makanan. Rasanya yang sedikit asin memang sudah familiar bagi orang Indonesia. Biasanya shoyu digunakan untuk dipping sauce atau sebagai teman cocolan bagi setiap hidangan.

Sekarang ENDEUSiast tidak akan bingung lagi menentukan jenis saus untuk masakan Jepang yang akan ENDEUSiast buat. Selamat mencobanya.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.