Puding adalah hidangan yang seringkali dijadikan pilihan sebagai sajian penutup. Ingin membuat puding super lembut? Ternyata ada triknya!

Libur telah tiba, saatnya menyiapkan aktivitas apa yang akan dilakukan selama liburan? Kayaknya seru deh kalau belajar memasak. Yuk masak aja sesuatu yang simpel, namun pasti disuka semua orang, yaitu puding. Banyak sekali variasi resep puding yang dapat dipraktekkan, seperti Puding Minion , Puding Biskuit , dan Puding Lumut Lapis Susu

Salah satu jenis puding yang bisa dicoba adalah silky puding atau yang lebih populer dengan sebutan puding sutera. Puding ini memiliki tekstur yang sangat lembut seperti sutera. Puding sutera ini akan memberikan sensasi meleleh di mulut yang tak akan terlupa.

Tekstur yang super lembut dari puding sutra ini tenryata tidak dihasilkan dengan mudah. Dibutuhkan trik khusus hingga puding lembut dan tidak hancur. Ada tips membuat puding sutra lembut anti gagal.

1/ Memperhatikan Takaran Bubuk Jelly

Berbeda dengan saat ENDEUSiast membuat puding jelly yang kenyal, takaran bubuk jelly untuk puding sutra sedikit berbeda. Puding sutra membutuhkan bubuk jelly dalam jumlah sedikit agar puding benar-benar lembut. Penggunaan bubuk jelly yang terlalu banyak hanya akan membuat tekstur puding terlalu kenyal dan keras saat dikonsumsi.

2/ Menggunakan Tepung Maizena

Tepung Maizena wajib ditambahkan ke dalam adonan puding sutra dengan tujuan untuk membuata donan mengental. Selain itu, penambahan maizena akan membuat tekstur puding benar-benar lembut.

3/ Mencampur Bahan Kering Diikuti Bahan Basah

Sebaiknya sebelum memulai proses memasak puding, ENDEUSiast mencampurkan dahulu bahan kering seperti bubuk jelly, tepung maizena, gula, pewarna, dan bahan lainnya dalam satu wadah. Aduk merata hingga benar-benar tercampur sempurna agar tidak menggumpal nantinya. Setelah bahan kering benar-benar rata, barulah ENDEUSiast bisa menuangkan bahan cair sedikit demi sedikit seperti susu, santai, dan air matang.

4/ Memasak Hingga Cukup Panas

Kesalahan yang seringkali terjadi saat seseorang memasak puding adalah memasak puding hingga mendidih. Untuk membuat puding sutra yang lembut, maka rebus puding dengan api kecil sembari terus diaduk agar susu atau santan tidak pecah dan tercampur merata. Masak hingga panas dan berbuih di permukaan. Jangan tunggu hingga mendidih

5/ Siapkan Cetakan Cup Kecil

Saat puding telah selesai dibuat dan matang, biarkan adonan puding dingin dahulu, lalu segera pindahkan puding ke dalam cetakan cup sebelum mengeras didalam panci. Gunakan cetakan cup kecil, karena pudih sutra yang bertekstur lembut ini mudah sekali hancur, sehingga cocok dikonsumsi satu kali makan dibandingkan dicetak menggunakan cetakan besar dan dipotong-potong.

Itulah beberapa trik untuk menghasilkan puding sutra yang benar-benar lembut. Jangan ragu untuk mencobanya ya.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.