Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Keunikan sajian kopi di Eropa yang juga tak kalah memikat selain cappuccino atau espresso.

Sebagian besar orang tahu bila sajian kopi yang populer dari Eropa adalah cappuccino atau espresso saja. Padahal ada banyak sekali sajian kopi unik dan lezat yang ebrasal dari negara-negara Eropa.

Sajian kopi di Eropa ini sangat beragam mulai dari kopi dengan rasa pahit hingga kopi yang manis dan creamy. Kepopuleran kopi sudah ada di Eropa sejak berabad-abad lalu hngga sekarang. Berikut ini beberapa sajian kopi yang unik dari negara-negara di Eropa.

1/ Koffie Verkeerd, Belanda

Sajian kopi yang populer di Belanda adalah koffie verkeerd. Sajian kopi yang satu ini adalah campuran kopi dan susu dengan perbandingan 1:1. Di Eropa mencampur kopi dengan susu adalah salah satu hal yang biasa.

Untuk koffie verkeerd ini sajiannya menggunakan espresso dan susunya tidak dikocok terlebih dahulu. Sehingga ketika disajikan akan terlihat lapisan kopi dan susu.

2/ Iris Coffee, Irlandia

Irlandia juga mempunyai satu sajian kopi yang tidak kalah nikmat. Iris coffee adalah salah satu sajian kopi yang populer di Irlandi. Kopi ini merupakan pepaduan kopi, gula, whisky, dan krim. Jenis kopi ini ditemukan pada masa perang dunia ke-2 secara tidak sengaja.

Kopi dicampur dengan whisky sebagai penghangat ketika cuaca sedang dingin. Awalnya sajian kopi ini tidak menggunakan krim namun penambahan krim dilakukan untuk menambah rasa pada kopi.

3/ Sweddish Egg Coffee, Swedia

Perpaduan kopi dengan telur adalah salah satu hal yang cukup populer di Swedia. Salah satu sajian kopi yang unik dari negara ini adalah Swedish egg coffee yang sudah dibuat sejak abad ke-18. Kalau sajian kopi lain menggunakan telur yang dipecah, namun Swedish egg coffee ini menggunakan telur utuh (beserta cangkang) yang dimasukkan ke dalam kopi.

Setelah telur dan kopi rata, ENDEUSiast bisa menuang air dan tunggu hingga mendidih. Setelah mendidih, ENDEUSiast bisa menambahkan air dingin dan mendiamkannya sebentar.

4/ Café Bombon, Spanyol

Salah satu sajian kopi yang populer di Spanyol adalah café bombon. Sajian kopi yang satu ini berasal dari Alicante, Spanyol dan menyebar luas hingga ke semenajung Siberia. Cara pembuatannya juga cukup mudah karena menggunakan susu kental manis dan espresso hangat. Beberapa orang membuat café bombon ini dengan tambahan whipped cream atau foam susu untuk menciptakan layer yang cantik.

5/ Mazagran, Portugal

Sajian kopi dengan lemon tidak hanya populer di Italia saja. Di Portugal, kopi juga disajikan dengan lemon yang dikenal sebagai mazagran. Sajian kopi ini merupakan sajian kopi dingin dengan tambahan lemon yang cocok dinikmati ketika cuaca panas. Selain lemon, mazagran ini juga ditambahkan rum dan daun mint.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.