Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Menikmati secangkir kopi cappuccino tidak perlu harus datang ke café. ENDEUSiast bisa membuatnya sendiri dirumah tanpa harus menggunakan mesin.

Cappuccino merupakan minuman yang berbahan dasar espresso dan susu panas, dengan komposisi satu atau dua shot espresso sesuai selera yang dicampurkan dengan susu panas. Susu panas diproses dengan cara steamed. Penggunaan cara steamed ini bertujuan untuk menghasilkan citra rasa manis pada kopi serta menambahkan tekstur yang lembut ketika meminumnya.

Biasanya untuk menghasilkan espresso dan susu panas harus menggunakan mesin khusus espresso dan streamer. Bagi ENDEUSiast penikmat kopi cappuccino tidak perlu repot-repot datang ke café kopi. Ada cara yang mudah meramu kopi cappuccino ala rumahan yang bisa ENDEUSiast tiru tanpa harus menggunakan mesin.

Pertama, tentukan jenis kopi seperti apa yang mau dibuat. Apa saja jenisnya mau gayo atau flores sesuaikan selera ENDEUSiast saja. Untuk pemula, ENDEUSiast bisa menggunakan takaran 18 hingga 20 gram kopi dengan 60 militer air. Jika ENDEUSiast suka dalam mengkreasikan resep maka bisa gunakan timbangan. Timbangan digunakan untuk mengukur rasio antara kopi dan air yang dibutuhkan dalam membuat cappuccino. Rasionya harus seimbang, jangan terlalu kebanyakan kopi karena nanti akan pahit dan jangan juga terlalu banyak air nanti jadi encer.

Pilhlah biji kopi yang baru digiling karena membuat sajian kopinya terasa segar. Siapkan juga air panas dan susu segar. Selanjutnya adalah membuat espresso. Jangan khawatir, bila ENDEUSiast tidak punya mesin espresso dirumah bisa menggunakan aeropress yang berfungsi untuk memeras saripati pada kopi. Meskipun hasilnya tidak semaksimal bila menggunakan mesin espresso tetapi setidaknya bisa jadi pilihan alternatif.

Untuk menghasilkan kopi cappuccino yang enak maka susu harus di steamed terlebih dahulu menggunakan cara French Press atau lebih jelasnya dengan metode seduh manual. Siapkan juga cangkir atau gelas berukuran sedang untuk digunakan menyajikan kopi cappuccino.

Langkah terakhir adalah tuangkan susu panas ke dalam espresso secara perlahan-lahan dan jangan sampai penuh agar tidak tumpah. ENDEUSiast juga bisa menambahkan komponen lainnya sebagai garnish kopi cappuccino seperti serbuk coklat atau serutan kayu manis. Kopi cappuccino ala rumahan ENDEUSiast telah siap untuk dinikmati.

Cukup mudah kan untuk membuat kopi cappuccino ala rumahan? Sebenarnya tidak ada teknik khusus dalam membuatnya hanya saja diperlukan takaran yang tepat dan juga alat alat sederhana penyeduh kopi agar bisa mendapatkan aroma dan rasa nikmat dari secangkir kopi cappuccino. Kreasi minuman lainnya yang bisa ENDEUSiast coba dengan menggunakan kopi espresso adalah frozen mocha . Tertarik membuatnya? Jadi tunggu apalagi segera siapkan semua bahan yang diperlukan dan mulai membuatnya. Selamat mencoba, semoga berhasil.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.