Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Kopi memang digemari banyak orang, bukan hanya sebagai minuman, namun juga bahan campuran dalam makanan. Apa saja contohnya? Simak yuk.

Siapa yang tidak kenal kopi? Kopi memiliki rasa dan aroma khas yang tidak bisa disaingi bahan apapun. Ini pula yang jadi daya tarik yang menggugah selera, bahkan kopi memiliki komunitasnya sendiri. Tidak heran kalau kopi juga sering dijadikan salah satu bahan campuran dari resep masakan.

Ya, bukan hanya minuman, tapi makanan. Beberapa makanan ini menggunakan unsur kopi untuk memberikan rasa dan aromanya. Apa saja ya?

1/ Brownies

Meskipun bukan asli Indonesia, tapi kue satu ini memang digemari oleh banyak orang. Ada berbagai varian rasa yang bisa dicoba, salah satunya adalah kopi.

Tentunya rasa yang dihadirkan adalah manis campur pahit yang khas perpaduan antara kopi dan brownies itu sendiri. Kalau tidak ingin merogoh kocek, anda bisa membuatnya sendiri dengan dikukus maupun dipanggang. Bahkan kalau anda sudah terampil, brownies bisa jadi ladang usaha yang menguntungkan.

2/ Kue Cubit

Kue cubit merupakan jajanan yang banyak di jumpai di Jakarta. Disebut kue cubit karena cara memasak kue ini dengan dicubit menggunakan alat pencapit.

Kue satu ini dibuat dari adonan terigu dan susu lalu ditambah perisa lain seperti matcha, cokelat, dan kopi. Meskipun rasa kopi pahit, namun itu dapat diredam dengan rasa manis susu, gula, dan cokelat tabur. Kue ini berdiameter tidak lebih dari 4 cm, sehingga bentuknya mini.

3/ Es Krim

Jarang sekali ada varian kopi di dalam es krim karena biasanya eskrim ditujukan untuk anak-anak yang menghindari kandungan kopi. Namun bagi orang dewasa, es krim kopi menciptakan rasa yang mantap dan segar di lidah.

Bagi anda yang mau mencoba varian kopi, ENDEUSiast bisa membuat es krim rumahan dan mencampurkan minuman kopi.

4/ Puding

Meskipun tidak banyak yang mencampurkan kopi ke dalam puding , namun bila anda menyukai kopi, maka puding ini akan terasa sangat lezat.

Anda tinggal menambahkan satu sendok teh kopi dalam adonan puding. Ini akan membuat aroma dan rasa tipis-tipis kopi ketika puding di makan.

5/ Permen

Untuk permen memang jarang orang membuat sendiri, namun untuk mencobanya, Indonesia memiliki perusahaan permen kopi yang melegenda. Bahkan hingga kini, ia sudah memiliki banyak varian seperti kopi susu dan espresso. Tahu bukan merek apa?

Masih banyak lagi makanan yang menggunakan unsur kopi di dalamnya. Meskipun tidak semua orang menyukai kopi, namun kopi memiliki segmentasi dan penikmat fanatiknya sendiri.

Selain rasa dan aroma, kopi juga bisa memberi warna coklat pada makanan. Apakah ENDEUSiast tertarik?

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.