Roti telah menjadi idola masyarakat untuk sarapan. Salah satu jenis roti yang bisa dijadikan peluang usaha, yakni roti sisir.

Indonesia sendiri adalah salah satu negara yang memiliki banyak keanekaragaman, termasuk kuliner. Salah satu olahan kuliner yang lezat dan membuat ketaguhan penikmatnya adalah roti. Walaupun bukan makanan pokok, namun keberadaan roti saat ini dianggap sebagai hidangan praktis cepat saji, terutama saat sarapan.

Salah satu roti yang menjadi idola untuk disantap adalah roti sisir. Sebagai camilan, penyajian roti sisir sendiri cukup sederhana, karena hanya perlu ditambahkan beragam toping seperi selai. Tidak heran jika roti sisir sangat digemari anak-anak hingga dewasa.

Sejak dulu keberadaan roti sisir memang telah membawa kebahagiaan sendiri. Selain mampu mengenyangkan tak jarang banyak orang yang mencari resep roti sisir ini untuk dicoba dan dijual maupun dikonsumsi sendiri. Bagaimana resepnya?

Bahan-bahan Roti Sisir:

500 g tepung terigu protein tinggi

200 ml air es atau dingin

100 g gula putih

100 g mentega (butter)

25 g susu bubuk

2 pcs (40 g) kuning telur

1 butir telur utuh

10 g ragi instan

4 garam

Cara membuat Roti Sisir:

Siapkan wadah, lalu campurkan gula, terigu, dan ragi. Aduk rata.

Tambahkan air es dan ragi sedikit demi sedikit dan gunakan mixer terus menerus dengan speed nomor dua.

Setelah tercampur rata, tambahkan mentega dan garam. Lanjutkan proses mixer hingga adonan benar-benar kalis (sesuaikan kecepatan mixer sesuai kebutuhan).

Angkat adonan yang telah kalis dan tutup dengan kain serbet sekitar 15 menit.

Potonglah adonan dan timbang adoban menjadi bulatan kecil dan bentuk sesuai selera.

Gunakan loyang sisir ukuran 24 cm dan amsukkan sekitar 14 adonan roti, jika ENDEUSiast menggunakan loyang 20 cm, masukkan dan susun 12 adonan roti.

Setelah adonan roti disusun, maka simpan dan diamkan kembali hingga adonan mengembang 2 kali lipat.

Ovenlah donan yang telah disusun dan didiamkan selama 15 menit dengan suhu 175 derajat celcius.

Setelah matang, gunakan susu evaporasi atau butter untuk mengoles bagian atasnya.

Itulah resep untuk membuat roti sisir yang legenda. ENDEUSiast bisa membuat variasi resep roti sisir dengan menambahkan cokelat atau pandan, sehingga jadilah roti sisir coklat atau pandan. Jangan lupa membuat aneka vla atau siapkan selai untuk melengkapi sajian roti sisir ini. Bisa membuat vla vanilla,namun sebelunya kenali dulu vanilla lebih dekat di sini

Mudahnya membuat roti sisir ini membuat banyak orang yang menjadikan roti sisir sebagai salah satu peluang usaha yang menjanjikan. Roti sisir sendiri biasa dibanderol dengan harga Rp. 10.000 tergantung isi roti dan besar rotinya. ENDEUSiast bisa memperkirakan modalnya ya.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.