Ingin Tahu Lebih Banyak Tentang Vanilla? Baca Selengkapnya Disini!

"

Vanilla, salah satu bahan yang sering digunakan sebagai bahan tambahan pada saat memasak. Aromanya yang harum dapat meningkatkan rasa dan aroma pada makanan. Vanilla dapat ditemui dalam beberapa bentuk, antara lain:

1. Vanilla Beans

By Vanilla Beans

Dikenal juga dengan sebutan Vanilla Pods, yaitu vanilla dalam bentuk polong utuh. Buah dari tanaman sejenis anggrek ini berbentuk seperti buncis, namun lebih pipih dan berwarna hitam kelam. Di bagian dalamnya terdapat biji-biji kecil berwarna hitam, biji-biji inilah yang digunakan untuk memasak. Namun, bagian kulit luarnya juga dapat digunakan, karena masih memiliki aroma khas vanilla. Belah buah vanilla dan keruk bijinya menggunakan ujung pisau. Biji vanilla dapat langsung ditambahkan ke dalam masakan, seperti pudding, cake, saus/vla dan lainnya. Saring adonan jika tidak ingin ada biji vanilla yang hitam pada hasil masakan.

2. Vanilla Extract

By Vanilla Extract

ekstrak vanilla yang dibuat dengan cara merendam vanilla beans dengan campuran lkohol dan air. Air rendaman berwarna cokelat kemerahan inilah yang kemudian digunakan untuk penambah rasa dan aroma dalam masakan. Di pasaran ada juga Vanilla Essence, dibuat dengan cara yang hampir sama dengan vanilla extract, ada juga yang tidak menggunakan alcohol, tetapi lebih banyak campuran bahan kimia. Oleh karena itu, baca label produk dengan baik sebelum membeli. Vanilla extract dapat dicamurkan langsung ke dalam adonan, juga dapat ditambahkan ke dalam minuman.

3. Vanilla Powder

By Vanilla Powder

Merupakan biji vanilla yang dihaluskan dan dikeringkan, sehingga warna bubuknya hitam. Tetapi banyak vanilla powder dari bahan kimia berwarna putih yang beredar di pasaran. Dikenal dengan sebutan Vanilli Powder, dibuat dari sedikit senyawa vanilla yang diproses secara kimia untuk diambil aromanya. Sehingga warnanya putih dan rasanya pahit, tetapi ada juga vanilli powder yang ditambah gula untuk dibubuhkan dalam minuman.

4. Vanilla Sugar

By Vanilla Sugar

Campuran gula pasir atau brown sugar ataupun gula halus dengan vanilla beans. Gula disimpan bersama vanilla beans dalam stoples/wadah kedap udara selama beberapa waktu untuk mendapatkan aroma vanilla yang harum. Gula beraroma vanilla ini dapat digunakan untuk membuat kue, pudding, ataupun ditambahkan dalam minuman.

"

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.