Resep Masakan Indonesia yang Menggunakan Olahan Ikan
Resep Masakan Indonesia yang Menggunakan Olahan Ikan

Resep masakan Indonesia sangat beragam, salah satunya adalah masakan dari ikan.

Resep masakan Indonesia sangat beragam, salah satunya adalah masakan dari ikan. Mengkonsumsi ikan sangat bagus untuk kesehatan tubuh.

Sudah tidak perlu diragukan lagi bahwa Indonesia memiliki kekayaan alam yang berlimpah. Maka tidak heran bila hasil tangkapan laut yang bisa dikonsumsi salah satunya adalah ikan. Olahan dari laut ini cukup digemari oleh banyak orang. Hal itu karena kandungan protein yang bagus untuk tubuh. Ada banyak sekali masakan Indonesia yang menggunakan bahan ikan. Berikut di bawah ini beberapa daftar kuliner Indonesia yang terbuat dari ikan yang bisa ENDEUSiast coba di rumah.

1/ Pempek

ENDEUSiast pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Ya, pempek merupakan kuliner khas Indonesia yang berasal dari Palembang, dengan menggunakan bahan utamanya adalah ikan. Ikan yang digunakan biasanya ikan tenggiri yang dicampur dengan tepung sagu. Masakan khas Palembang ini bisa ENDEUSiast jumpai dimana saja karena kini hampir seluruh daerah di Indonesia membuka kedai pempek.

2/ Otak-Otak

Jenis masakan khas Indonesia lainnya yang terbuat dari ikan tenggiri adalah otak-otak. Cara mengolah ikan tenggiri menjadi otak-otak adalah dengan cara dicincang lalu dicampurkan dengan bumbu seperti garam dan bawang putih. ikan yang telah dicincang halus dan tercampur dengan bumbu tersebut lalu dimasukkan ke dalam daun pisang dan dibakar atau bisa juga di goreng, sesuai dengan selera. Bila bosan dengan otak-otak berbahan ikan, ENDEUSiast juga bisa berkreasi sendiri dengan menggunakan bahan pengganti ikan seperti telur sehingga menjadi otak-otak lapis dadar .

3/ Bandeng Presto

Siapa yang tidak kenal dengan ikan bandeng, pasti hampir semuanya kenal dengan ikan yang satu ini karena banyak dijual di pasar tradisional maupun swalayan. Makanan khas semarang ini menggunakan bahan utama bandeng yang diberi bumbu garam, kunyit dan bawang putih. Setelah itu dibungkus menggunakan daun pisang lalu masak bandeng tersebut dengan cara dipresto. Tujuan dari proses masak yang dipresto adalah untuk melunakkan duri bandeng sehingga ENDEUSiast tidak perlu repot menyingkirkan duri pada saat memakannya serta juga lebih aman bila tertelan.

4/ Ikan Cakalang

Sesuai dari namanya, masakan khas Indonesia yang satu ini terbuat dari ikan cakalang. Cara masaknya adalah dengan digoreng lalu dicampurkan dengan bumbu khas Manado. Masakan khas Manado ini memiliki citra rasa pedas yang siap memanjakan lidah ENDEUSiast. Bagi pecinta pedas disarankan untuk mencicipi masakan yang satu ini, dijamin bikin ketagihan.

Itulah beberapa masakan Indonesia yang bahan utamanya menggunakan ikan. Bila ENDEUSiast punya ide lain atau ingin berkreasi dari makanan diatas maka bisa diterapkan dirumah. perhatikan juga cara memasaknya agar tidak gagal. Selamat mencoba ya.

Endeustorial

Ikuti Instagram