Resep masakan Indonesia banyak terbuat dari seafood, terpopuler adalah cumi. Banyak varian cumi yang diolah menjadi masakan Indonesia yang lezat.

ENDEUSiast pecinta cumi? Ya, untuk jenis seafood yang satu ini memiliki banyak jenis yang bisa diolah untuk menjadi masakan apa saja. Pada resep masakan Indonesia, ENDEUSiast pasti sudah tidak asing lagi dengan masakan yang terbuat dari cumi seperti misal cumi asam pedas . memiliki tekstur yang kenyal dan empuk menjadikan seafood yang satu ini cukup populer dan sangat cocok disantap bersama dengan nasi hangat dan sambal.

Bagi ENDEUSiast pecinta cumi rasanya kurang lengkap bila tidak mengenal berbagai jenis cumi yang sering diolah dalam masakan Indonesia. Daripada penasaran lebih baik simak jenis-jenisnya di bawah ini.

1/ Cumi Sero

Jenis cumi yang satu ini bisa ENDEUSiast temukan dengan mudah di pasar tradisional maupun swalayan. Untuk mengenal cumi sero bisa dilihat dari bentuknya yang pipih dan pendek yang memiliki panjang sekitar 10-15 cm. Ciri lainnya yang bisa ENDEUSiast perhatikan adalah adanya bintik putih merah disekitar badan cumi sero yang putih. Cumi sero yang banyak dijual di pasaran terdapat 2 jenis berdasarkan ukurannya yaitu jenis kecil dan jenis sedang. Untuk yang berjenis sedang biasanya diolah menjadi cumi tepung atau bahan sop sedangkan untuk yang berjenis kecil lebih banyak diolah menjadi tumisan atau bahan pelengkap sayur.

2/ Cumi Bangka

Ciri khas utama dari semua jenis cumi adalah adanya bintik merah di sekitar tubuhnya. Begitu juga dengan cumi Bangka. Hanya saja warna dari cumi Bangka sedikit lebih merah daripada jenis cumi lainnya. Jenis seafood yang banyak ditemukan di Pulau Bangka ini memiliki panjang sekitar 20-30 cm. Untuk teksturnya lebih tebal dan memiliki sirip yang lebar. Cumi Bangka banyak diolah menjadi tumisan atau campuran gulai.

3/ Cumi Asin Kering

Untuk jenis cumi yang satu ini cukup berbeda diantara cumi lainnya. Ukurannya paling kecil, memiliki tekstur keras dan kering serta rasanya yang asin. Maka dari itu bisa dikatakan bahwa cumi asin kering menjadi salah satu jenis cumi yang paling awet diantara yang lain karena terdapat kandungan garam yang merupakan pengawet alami makanan. Jenis olahan yang paling banyak digunakan untuk jenis cumi asin kering adalah ditumis dengan bumbu bawang merah, bawang putih dan cabai.

Sekarang ENDEUSiast sudah tidak bingung lagi kan dalam membedakan berbagai jenis cumi. Cukup mudah hanya perlu ketelitian dalam membedakannya. Kini ENDEUSiast tinggal mengolahnya menjadi masakan Indonesia yang lezat dan sajikan untuk keluarga di rumah.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.