Resep Masakan Indonesia Sederhana Dari Bahan Telur Ayam
Resep Masakan Indonesia Sederhana Dari Bahan Telur Ayam

Resep masakan berbahan telur bisa menjadi alternatif ENDEUSiast bagi yang bosan dengan olahan daging ayam. Simak inspirasinya berikut.

Hampir setiap rumah memiliki stok telur ayam karena bahan yang satu ini cukup praktis dan mudah diolah ketika tidak ada makanan atau malas masak. Telur ayam yang hanya direbus saja sudah enak dimakan apalagi bila diolah menjadi masakan maka rasanya sudah pasti lezat.

Makan telur ayam juga memiliki banyak kandungan gizi salah satunya protein yang bagus untuk tumbuh kembang anak dan bagus untuk yang sedang menjalankan diet. Mau tahu cara mengolah telur ayam bulat menjadi masakan yang enak? Mari simak resepnya di bawah ini.

1/ Semur Telur

Suka makanan manis? Cobalah membuat semur telur. Bahan utama dari semur adalah kecap. Rasanya yang manis dan warnanya yang coklat didapat dari kecap. Lebih enak lagi bila disantap dengan sepiring nasi hangat atau bisa juga dengan nasi uduk bila ingin mencoba sensasi yang berbeda.

Bila ENDEUSiast tertarik masak semur telur, ada tips yang bisa ENDEUSiast terapkan nantinya yaitu memberi sedikit margarin pada saat menumis bumbu halus serta tambahkan juga daun salam agar menghasilkan aroma yang harum dan gurih. Selain telur, ENDEUSiast juga bisa mencampurkan aneka bahan lainnya seperti tahu sehingga menjadi semur kecap tahu telur.

2/ Telur Balado

Jika tadi masakannya manis, kini beralih ke rasa yang pedas. Bagi ENDEUSiast pecinta pedas tidak ada salahnya membuat telur balado. Bahan utama yang dibutuhkan untuk membuat telur balado adalah cabai rawit. Warna merah dari telur dan bumbunya didapat dari cabai merah dan dicampur dengan cabai rawit agar rasanya semakin pedas.

Untuk mengolah telurnya, setelah direbus ENDEUSiast bisa langsung memasukkan kedalam bumbu yang sudah ditumis atau bisa juga direbus terlebih dahulu agar rasanya lebih gurih. Sekalipun telur balado termasuk masakan khas Padang namun ENDEUSiast bisa menemukannya hampir di setiap rumah makan bahkan ENDEUSiast juga bisa membuatnya sendiri di rumah kan.

3/ Telur Rendang

Sudah pernah dengan telur rendang? Mungkin masakan Indonesia yang satu ini masih cukup asing bagi ENDEUSiast apalagi biasanya ENDEUSiast makan rendang yang isinya adalah daging sapi. Bahan yang digunakan untuk membuat telur rendang tidak jauh beda dengan bumbu rendang biasanya. ENDEUSiast hanya perlu mengganti daging sapi dengan telur yang sudah direbus. Sangat sederhana kan?

Itulah beberapa resep masakan Indonesia yang terbuat dari telur ayam. Kini ENDEUSiast bisa berkreasi sesukanya hanya dengan menggunakan telur. Semoga beberapa referensi diatas dapat bermanfaat, selamat mencobanya di rumah.

Endeustorial

Ikuti Instagram