Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Resep masakan dengan teknik pepes cukup populer di Indonesia. Ada banyak varian pepes tergantung dari asal daerahnya masing-masing. Yuk, simak!

Pepes merupakan nama masakan yang dibungkus menggunakan daun pisang kemudian dikukus, dibakar, atau gabungan antara kedua cara tersebut hingga matang. Kebanyakan bahan pepes yang digunakan ikan karena mengandung protein. Tetapi sebenarnya masih banyak bahan lainnya yang bisa diolah menjadi pepes seperti tahu, ayam, telur atau jamur.

Bumbu yang dipakai juga beragam, ada yang menggunakan bumbu kuning tapi ada juga yang pakai bumbu putih. Semua tergantung dari asal daerahnya masing-masing. Bila ENDEUSiast tertarik untuk membuat pepes dari berbagai pilihan bahan, bisa lihat daftarnya di bawah ini.

1/ Pepes Tahu

Tahu juga bisa menjadi bahan untuk dijadikan pepes yang enak. Sekalipun menggunakan bahan yang murah dan sederhana tetapi soal rasa tidak perlu diragukan lagi. Cara membuat pepes tahu yang pertama harus dilakukan adalah menghancurkan tahu lalu letakkan secukupnya di atas daun pisang.

Campurkan juga bumbu halus serta bahan lainnya seperti irisan cabai rawit, tomat dan daun kemangi. Kukus pepes tahu sekitar 20 menit lalu bila ingin segera dimakan maka bakar terlebih dahulu di atas panci panas yang telah diolesi sedikit minyak. Tunggu hingga matang dan sesekali dibalik ke sisi lainnya agar matangnya merata. ENDEUSiast juga bisa mengkombinasikan bahan pepes seperti misal menjadi pepes tahu teri .

2/ Pepes Telur Asin

Rasa telur asin yang gurih bercampur asin dijamin akan terasa sangat lezat bila dipadukan dengan bumbu pepes. Untuk bisa terciptanya pepes telur asin yang lezat, ENDEUSiast juga harus pintar dalam memilih kualitas telur asin.

Pilihlah telur asin mentah yang tidak bau, itu artinya telur tersebut berkualitas baik. Pepes yang satu ini menggunakan bahan santan. Jadi pada proses pembuatannya, santan dicampurkan dengan irisan bawang merah, bawang putih, cabai rawit, gula, garam dan merica.

Siapkan wadah lain untuk memecahkan telur asin, setiap telur menggunakan 1 wadah jadi tidak bisa dicampur. Barulah membuat lipatan daun pisang dan masukkan bumbu pepes dan telur asin. Kukus hingga matang dan pepes telur asin pun siap disajikan.

3/ Pepes Jamur

Membuat menu pepes yang lezat tidak harus menggunakan bahan mahal. ENDEUSiast bisa menggunakan jamur sebagai pilihannya. Jamur yang biasa dipakai adalah jamur kuping dan jamur merang karena keduanya lebih bertekstur. Jika 2 jenis jamur tersebut sulit ditemukan di pasaran, bisa diganti dengan jenis jamur tiram. Untuk bumbu dan cara pengolahannya sama dengan pepes lainnya.

Demikianlah informasi tentang resep masakan Indonesia pepes yang terbuat dari berbagai pilihan bahan. ENDEUSiast bisa mencobanya di rumah dengan kreasi dari bahan lainnya.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.