Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Banyak resep masakan lokal yang menggunakan seafood sebagai bahan utama. Salah satu yang favorit adalah cumi saus padang. Intip tip suksesnya berikut.

Jika ENDEUSiast pernah berkunjung ke restoran seafood pasti menemukan menu cumi. Salah satu menu seafood favorit yang banyak dipesan oleh orang-orang dan yang paling terkenal adalah menu cumi saus padang.

Kenapa harus dipadukan dengan saus padang? Alasannya cukup sederhana yaitu karena saus padang juga menjadi saus favorit kedua di Indonesia. Maka tidak heran bila banyak resep masakan Indonesia yang mencoba untuk memadukannya dengan saus padang. Bila ENDEUSiast tertarik untuk membuatnya di rumah, mari simak caranya di bawah ini.

1/ Memilih Cumi Segar

Untuk menghasilkan makanan yang lezat maka ENDEUSiast harus pintar dalam memilih bahan-bahannya. Salah satunya adalah dengan memilih cumi yang berkualitas baik dan tentunya masih segar.

Cumi segar memiliki ciri-ciri seperti warna matanya yang cerah dan berbentuk cembung. Jika ENDEUSiast menemukan cumi yang sudah berlendir dan lembek maka jangan dibeli, itu menandakan bahwa cumi tersebut sudah tidak bagus lagi.

Begitu juga bila ENDEUSiast membeli cumi beku. Jangan pilih cumi yang masih banyak Kristal es karena itu menandakan cumi tidak segar dan sudah lama disimpan dalam freezer.

2/ Membersihkan Cumi

Setelah membelinya, ENDEUSiast harus mencuci bersih cumi terlebih dahulu. Buang kotorannya dan juga tinta hitam cumi serta lepaskan bagian kepala cumi dengan cara ditarik. Pada saat melepasnya ENDEUSiast harus berhati-hati jangan sampai pecah karena bila pecah maka cumi menjadi pahit. Kulit luar cumi beserta tulang transparannya juga harus ENDEUSiast buang.

Jika sudah dibersihkan, bisa langsung dipotong-potong. Teknik memotong cumi dibentuk seperti menyerupai cincin. Untuk bentuk yang satu ini sangat cocok diolah menjadi tumisan karena lebih praktis dan hemat waktu masak. Supaya cumi tidak amis, sebelum dimasak, diamkan dulu sebentar menggunakan air perasan jeruk nipis dan garam.

3/ Tumis Cumi

Sebelum memasak pastikan seluruh bumbunya sudah siap. Setelah itu siapkan minyak panas baru masukkan bumbunya. Tumis hingga baunya harum. Jangan lupa tambahkan saus tiram, saus pedas, saus tomat, gula dan garam. Baru ENDEUSiast bisa masukkan cumi dan masak hingga matang. Jangan masak cumi terlalu lama, maksimal 3 menit saja. Cumi yang dimasak terlalu lama justru akan menjadi kenyal sehingga susah untuk dimakan.

Jadi, cumi saus padang itu merupakan cumi yang dipadukan dengan ketiga saus beraneka rasa yaitu asam, manis dan pedas. Kalau ENDEUSiast suka kuah saus yang kental maka bisa tambahkan tepung maizena sedikit saja. Ingin mencoba variasi cumi lainnya, coba lihat di sini.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.