Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Install

Resep masakan dari terong lebih sering diolah menjadi balado. Padahal, ENDEUSiast bisa lho membuat terong menjadi sajian yang anti mainstream.

Terong merupakan salah satu jenis sayuran yang paling banyak diolah oleh masyarakat Indonesia. Selain mudah didapat, masakan terong juga dinilai lebih praktis karena tidak membutuhkan waktu yang lama dalam proses memasaknya. Memiliki tekstur yang lembut, terong bisa diolah menjadi sajian lalapan, lodeh terong hingga Terong Petai Balado . Namun, terkadang kita sudah bosan dengan menu terong yang monoton, maka perlu sedikit improvisasi menjadi sajian yang anti mainstream .

Kira-kira apa saja jenis sajian tersebut? Mari kita lihat selengkapnya di bawah ini.

1/ Terong Isi Daging Cincang

ENDEUSiast mungkin masih terasa asing dengan sajian yang satu ini namun bila sekali mencicipinya pasti ENDEUSiast tidak akan bisa menolak kelezatannya. Terong isi daging cincang ini juga biasa disebut dengan Karniyarik . Untuk sajian yang satu ini biasanya menggunakan pilihan daging domba namun bila di Indonesia sulit menemukan daging domba bisa digantikan dengan jenis daging lainnya. Untuk mengolahnya, daging ditumis terlebih dahulu, lalu tambahkan lada hitam, pasta tomat, bawang putih dan daun peterselli. Masak hingga warna daging berubah menjadi kuning keemasan. Setelah itu, baru ENDEUSiast bisa memasukkan tumisan tadi ke dalam terong yang dipotong menjadi 2 bagian.

2/ Terong Panggang Dengan Yoghurt Sauce

Ada sajian yang lebih unik lagi yaitu terong panggang yang dipadukan dengan yoghurt sauce dan tahini. Bagi yang belum mengetahuinya, tahini merupakan bumbu dasar yang terbuat dari wijen yang dihaluskan. Tidak sulit menemukan tahini, ENDEUSiast bisa mencarinya di swalayan karena di sana banyak menjual produk impor. Untuk membuat sausnya, ENDEUSiast hanya perlu menyiapkan tahini yang kemudian dicampurkan dengan yoghurt tanpa rasa. Tuang saus tersebut ke dalam wadah kecil yang dijadikan sebagai cocolan terong panggang. Sajian ini lebih enak disajikan sebagai camilan bersama keluarga.

3/ Terong Dadu Crispy

Selain terong panggang, ENDEUSiast bisa mengolah terong menjadi sajian yang crispy. ENDEUSiast perlu memotong terong menjadi bentuk dadu tetapi jangan terlalu kecil agar potongannya tidak hancur. Setelah itu tinggal lumuri tepung terigu crispy dan tambahkan sedikit air dan garam agar rasanya lebih gurih. Sebagai teman cocolannya, jangan lupa untuk menyiapkan saus pedasnya.

4/ Bakso Terong

Biasanya bakso terbuat dari bahan utama daging. Namun, bila ENDEUSiast yang sedang menjalankan program diet, Vegetarian maupun Vegan, tentu menghindari mengonsumsi makanan daging. Nah, ENDEUSiast bisa mencoba membuat sendiri bakso dari bahan sayuran terong. Soal rasa, dijamin bakso terong tidak akan kalah lezat dari bakso daging.

Nah itulah beberapa rekomendasi resep masakan dari bahan terong agar menu masakan sehari-hari jauh dari kata mainstream .

Home
Pencarian
Profil
Lainnya