Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Lontong isi praktis dijadikan bekal. ENDEUSiast bisa menggunakan bahan masakan apapun untuk dijadikan sebagai isian lontong. Nikmat dan mengenyangkan!

Ketika ENDEUSiast makan sate biasanya menggunakan lontong. Namun, lontongnya hanya nasi saja tidak ada isian apa-apa didalamnya. Kenapa tidak membuat lontong isi dirumah? Ada banyak bahan yang bisa digunakan untuk dijadikan sebagai isian lontong salah satunya adalah lontong isi rasa tumis oncom.

Sudah kebayang rasanya seperti apa? Daripada penasaran lebih baik kita buat sekarang dengan memperhatikan cara-caranya dibawah ini agar bisa mendapatkan hasil lontong tumis oncom yang istimewa!

Bahan yang harus ENDEUSiast persiapkan untuk membuat lontong isi oncom adalah beras, daun pisang dan oncom. Tidak perlu membutuhkan banyak bahan karena aslinya membuat lontong isi itu cukup mudah asalkan kita mengetahui cara membuatnya dan tipsnya.

Hal pertama yang harus ENDEUSiast lakukan adalah membuat isian lontongnya. Tumis oncom seperti ENDEUSiast menumis sayuran biasanya. Jika ENDEUSiast ingin oncom yang pedas maka bisa menambahkan cabai rawit yang dipotong halus.

Kedua , ENDEUSiast siapkan santan di panci dan masukkan garam serta daun salam. Rebus hingga mendidih dan jangan lupa untuk mengaduknya sesekali agar santan tidak pecah. Setelah mendidih, ENDEUSiast bisa langsung masukkan beras, aduk terus hingga santan meresap dan beras mulai melunak (setengah matang). Ketika memasak beras jangan ditinggal, jadi pastikan aduk sesekali agar beras tidak menempel pada wajan karena itu dapat membuat gosong beras. Tiriskan lalu tunggu hingga beras mulai hangat.

Ketiga , mulailah memasukkan beras ke dalam daun pisang yang telah dibentuk. Pertama masukkan beras sedikit lalu campurkan dengan oncom yang telah ditumis dan ditutup dengan beras lagi. Namun, jangan mengisi terlalu penuh. Berilah ruang di dalam daun tersebut karena nantinya beras akan mengembang dan memenuhi area sisa dalam daun tersebut. Saat membungkus pastikan beras tertutup rapat dan daun tidak robek untuk menghindari tumpahnya beras ketika proses pengukusan nanti.

Empat , kukus lontong isi oncom selama kurang lebih 3 jam hingga benar-benar matang. ENDEUSiast bisa sesekali mengeceknya untuk memastikan bahwa lontong matang dengan sempurna. Jika sudah matang, angkat lontong tersebut dari panci dan hidangkan diatas piring.

Selain lontong isi oncom, ada juga makanan yang serupa dengan isian yang beragam. Namanya adalah arem-arem. Bentuk arem-arem sama dengan lontong hanya saja ukurannya lebih kecil dari lontong isi. Makanan khas solo ini biasanya menggunakan isian tumisan hati sapi. Mau mencobanya? ENDEUSiast bisa lihat resep cara membuat arem arem khas solo di sini .

Yuk, jangan takut untuk mencoba membuat Lontong aneka rasa! Asalkan ENDEUSiast mengikuti semua tips yang telah dijelaskan di atas, ENDEUSiast pasti bisa mendapatkan lontong isi yang sempurna. Selamat mencoba di rumah!

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.