Selain ketupat, kue nastar juga wajib ada untuk sajian lebaran. Yuk, buat sendiri kue nastar dengan bahan sederhana berikut!

Kue nastar kerap kali menjadi sajian istimewa pada hari idul fitri. Kue kecil berwarna kuning yang identik dengan isian selai nanas ini punya tekstur lembut dan empuk ketika digigit. Tekstur lembut nastar dan rasa manis dari selai di dalamnya menjadikan kue nastar menjadi sajian favorit saat lebaran.

Bagi ENDEUSiast yang ingin membuat sendiri kue nastar di rumah, ENDEUSiast bisa mencoba resep di bawah ini. Berikut ini bahan-bahan yang diperlukan dan cara membuatnya:

Bahan membuat selai:

1 kg nanas

100 gram gula pasir

Bahan Nastar:

400 gram tepung terigu

2 sendok makan tepung maizena

50 gram gula halus

50 gram susu bubuk

200 gram margarin

100 gram mentega

2 butir kuning telur

Vanili secukupnya

Kuning telur untuk olesan secukupnya

Cara membuat:

Pertama, haluskan nanas dengan blender. Masak nanas yang sudah dihaluskan bersama gula pasir dalam api kecil. Aduk pelan hingga nanas mengental dan warnanya menjadi kuning kecoklatan.

Kedua, siapkan mentega, wisman dan gula halus ke dalam wadah. Aduk dengan mixer hingga tercampur rata dan adonan mengembang.

Ketiga, masukan 2 butir kuning telur dan aduk lagi adonan hingga merata.

Keempat, masukkan tepung terigu, susu bubuk, tepung maizena dan vanili bubuk. Aduk adonan menggunakan spatula hingga kalis.

Kelima, bentuk adonan sesuai selera. Jangan lupa untuk mengisikan selai nanas ke dalam nastar.

Keenam, oleskan kuning telur yang sudah dikocok pelan pada nastar sebelum dipanggang.

Ketujuh, panggang dalam suhu 150-160 derajat Celcius hingga matang dan berwarna kuning keemasan.

Agar mendapatkan hasil yang sempurna, perhatikan tips berikut ya:

Jangan lupa untuk mengayak tepung sebelum dimasukkan ke dalam adonan agar mendapatkan adonan yang lembut dan enak.

Jangan terlalu lama mengaduk adonan agar nastar tidak bantat dan sulit mengembang. Gunakan juga spatula untuk mengaduk adonan agar adonan tidak terlalu lama terkena tangan.

Panaskan oven sebelum memasukkan nastar untuk dipanggang. Hal ini dimaksudkan agar kue nastar matang merata. Oven yang tidak dipanaskan sebelum memanggang bisa membuat kue nastar gosong di satu bagian dan di bagian lain masih setengah matang.

Jangan terlalu banyak mengisi selai. Jika ENDEUSiast mengisi selai terlalu banyak, nastar tidak pecah dan mudah gosong. Namun juga jangan mengisinya dengan terlalu sedikit karena rasanya menjadi kurang enak.

Nah, mudah kan membuat kue nastar sendiri di rumah? ENDEUSiast bisa mencoba resep-resep kue lebaran lainnya seperti Nastar Cokelat , Kue Jumbo Choco Cookies , Kue Kacang , hingga legitnya Bolu Putu Ayu !

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.