Resep ayam panggang menjadi resep yang paling banyak dicari. Untuk membuat bumbu meresap sempurna, diperlukan beberapa tips yang perlu diperhatikan.

Siapa yang tidak suka masakan yang terbuat dari olahan daging ayam? Hampir semuanya pasti menyukainya. Daging ayam memang bisa diolah menjadi hidangan jenis apapun sesuai dengan kreasi kita. salah satu yang paling dipilih adalah ayam panggang. Hidangan yang satu ini bisa dikreasikan dengan berbagai macam bumbu khas nusantara seperti misal ayam panggang padang, ayam panggang wonogiri maupun ayam panggang saus mangga pedas .

Untuk membuat ayam panggang terkadang menyulitkan apalagi untuk pemula. Bisa ada saja kegagalan yang mungkin ENDEUSiast alami seperti gosong atau bumbu tidak menyerap hingga ke dalam daging. Bagi ENDEUSiast pernah mengalami hal seperti itu lebih baik simak tips membuat ayam panggang yang sempurna di bawah ini.

1/ Menggunakan Ayam Segar

Hidangan yang lezat tercipta dari pemilihan bahannya. Jadi bila ENDEUSiast ingin ayam panggang yang lezat maka harus menggunakan ayam yang masih segar. Menentukan ayam segar sebenarnya tidak sulit. ENDEUSiast cukup memastikan bahwa ayam yang ENDEUSiast pilih tidak berbau dan memiliki warna putih kemerahan. Hindari memilih daging ayam yang berwarna kehitaman atau kebiruan.

2/ Menggunakan Bumbu yang Banyak

Setelah memilih bahan utamanya, ENDEUSiast tinggal membuat bumbunya sesuai dengan selera. Bila ENDEUSiast ingin hidangan ayam panggang saus mangga pedas maka yang harus persiapkan adalah saus mangga yang telah diberikan saus pedas.

Untuk membuat bumbu meresap dengan sempurna hingga ke dalam daging ayam panggang maka ENDEUSiast harus mengoleskan bumbu yang banyak. Bisa juga dengan cara ayam diungkep terlebih dahulu lalu dipanggang. Ini bisa menjadi cara yang tepat agar bumbu meresap hingga ke dalam daging.

3/ Masak Hingga Bumbu Meresap

Pada saat ayam diungkep, gunakanlah api kecil untuk membuat bumbu meresap hingga ke dalam daging dan biarkan air . Bila ENDEUSiast menggunakan api besar justru akan membuat ayam mudah hancur dan sulit untuk dipanggang.

Setelah air menyusut, diamkan selama 3 hingga 4 jam baru ayam bisa mulai dipanggang. Jadi biarkan bumbu benar-benar terserap sempurna hingga mendapatkan rasa yang diinginkan.

4/ Proses Memanggang

Inilah proses terakhir dan menjadi bagian terpenting dari hidangan ini. Untuk proses memanggang, ENDEUSiast bisa pilih menggunakan bara api atau jika ingin lebih praktis gunakan saja oven. Panggang ayam yang telah dibumbui hingga warnanya menjadi kecoklatan dan mengeluarkan aroma yang harum.

Itulah beberapa tips yang harus ENDEUSiast lakukan bila ingin mendapatkan hidangan ayam panggang dengan bumbu yang meresap sempurna. Tertarik untuk membuatnya? Selamat mencoba.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.