Yuk, mengenal rawon lebih dekat. Ketahui juga kunci kelezatannya sajian berkuah hitam pekat ini.

Membahas hidangan nusantara sepertinya tidak akan pernah ada habisnya. Setiap daerah memiliki hidangan khas dengan ciri khas masing-masing, salah satunya adalah rawon. Rawon merupakan hidangan berbentuk sup daging yang berasal dari Jawa Timur yang menggunakan kuah hitam. Hidangan yang satu ini sangat populer di Jawa Timur dan sebagian daerah di Jawa Tengah. Bahan yang digunakan pun adalah rempah-rempah asli Indonesia.

Daging yang digunakan sebagai isian dari rawon biasanya menggunakan daging sapi. hal pertama yang harus dilakukan adalah memotong daging menjadi beberapa bagian kecil lalu rebus hingga empuk. Bila ingin daging sapi benar-benar empuk, ENDEUSiast bisa melakukan proses perebusan 2 kali.

Bumbu yang digunakan diantaranya adalah bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, cabai, ketumbar, lengkuas, asam jawa dan yang paling penting adalah biji keluwak. Setelah semua bumbunya siap maka tinggal dihaluskan. ENDEUSiast bisa menguleknya atau jika ingin praktis bisa menggunakan blender.

Keluwak merupakan jenis pepohonan liar dan masyarakat biasanya menggunakan bijinya sebagai bahan untuk bumbu dapur. Warna hitam pada kuah sop rawon dihasilkan dari biji keluwak. Jadi jangan sampai kelupaan untuk memasukkan bumbu rempah yang satu ini ya. Satu hal yang perlu diingat lagi adalah jangan mengkonsumsi biji keluwak dalam keadaan masih mentah karena didalamnya terdapat kandungan zat yang dapat berbahaya bagi tubuh kita.

Rawon memiliki cita rasa yang khas. Perpaduan antara rasa gurih manis dan legit dari kuahnya bisa sangat pas di lidah lagi. Belum lagi adanya isian daging yang bertekstur empuk, bakal menggugah selera makan ENDEUSiast. Keistimewaan lainnya dari rawon ada pada biji kluwak. Selain menghasilkan warna hitam pada kuahnya, biji kluwak juga memberikan aroma kuat yang memberikan sensasi rasa berbeda pada hidangan khas Jawa Timur satu ini.

Untuk membuat rawon cukup sederhana. Beberapa bahan rempah-rempah yang sudah disiapkan bisa langsung dihaluskan. Setelah semua bahan halus, masukkan ke dalam rebusan air yang telah diisi potongan daging sapi. Selama proses pemasakan, ENDEUSiast bisa menambahkan bahan lainnya seperti garam, gula, royco, daun salam dan daun serai sesuai dengan selera. Resep membuat rawon bisa ENDEUSiast lihat di sini.

Jika sudah matang maka rawon siap untuk disajikan. Jangan lupa untuk menambahkan bawang goreng, sambal, jeruk nipis dan tauge kecil yang sudah direbus. Sebagai pelengkap, ENDEUSiast juga bisa menambahkan menu lainnya seperti tempe goreng, telur asin atau kerupuk. Sekarang, sup rawon pun siap disantap dengan sepiring nasi putih hangat.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.