Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Walau cepat diolah seafood bisa tricky bila salah mengolahnya. Berikut tips agar rasa seafood tetap mantap

Memasak seafood memang berbeda dengan memasak makanan yang lain. Hal ini karena seafood sudah mempunyai rasa lezat dan umami yang alami sehingga tidak perlu ditambahkan banyak bumbu ataupun dimasak dalam waktu yang lama. Kesalahan dalam memasak seafood bisa membuat rasa seafood menjadi hambar dan rasa gurih alaminya hilang, bahkan tekstur seafood bisa menjadi keras. Berikut ini adalah rahasia memasak seafood agar rasanya tetap gurih, tidak hambar, dan teksturnya tetap empuk.

1/ Ikan

Ikan biasanya dimasak dengan cara dikukus, digoreng, ataupun dipanggang. Apapun cara yang digunakan untuk memasak ikan, sebaiknya ikan tidak dimasak terlalu lama. Hal ini karena ikan mempunyai lapisan atau jaringan lemak yang sedikit sehingga lebih cepat matang. Waktu memasak ikan yang ideal adalah 10 menit saja hingga ikan matang merata. Lebih dari waktu tersebut ikan akan overcook dan membuat tekstur ikan menjadi keras dan tidak gurih.

2/ Cumi

Memasak cumi juga membutuhkan trik khusus. ENDEUSiast bisa mengupas kulit luar cumi agar seafood ini tidak amis. Selain itu, cumi hanya perlu dimasak selama 3 menit saja agar matang merata. Semakin lama dimasak tekstur cumi akan menjadi alot seperti karet dan rasanya tidak gurih.

3/ Kerang

Sama halnya dengan cumi, kerang juga mempunyai tekstur yang kenyal dan empuk. Agar tekstur kerang tetap empuk dan kenyal, kerang cukup dimasak 3-5 menit saja. Bila lebih dari waktu tersebut, daging kerang akan menyusut dan teksturnya menjadi lebih keras.

4/ Kepiting

Kepiting memiliki rasa daging yang manis dan gurih alami. Agar kepiting tidak amis, ENDEUSiast bisa membuang bagian pantat atau tempat kotoran kepiting. Selain itu, ENDEUSiast juga bisa mengukus kepiting terlebih dahulu sebelum diolah dengan bumbu yang lain. Namun kalau ENDEUSiast ingin langsung mengolah kepiting, ENDEUSiast bisa memasak seafood ini dalam waktu kurang lebih 5 menit agar matang merata.

5/ Udang

Memasak udang juga tidak membutuhkan waktu yang lama agar warnanya tetap cantik dan rasanya lezat. Salah satu tanda bila udang sudah matang merata adalah warnanya yang merah oranye terang. Umumnya udang hanya memerlukan waktu 3-5 menit saja agar bisa matang merata. Selain itu, sebaiknya buang kotoran pada kepala dan punggung udang agar masakan tidak menjadi amis.

6/ Remis

Remis adalah salah satu seafood yang mirip dengan kerang. Meskipun mirip, namun remis membutuhkan waktu yang lebih lama untuk matang dibanding dengan kerang yaitu sekitar 6-10 menit. Hal ini karena daging remis lebih tebal dari kerang sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama agar rasanya enak dan pas. Selain itu, ENDEUSiast juga bisa merendam remis dalam air dingin sebelum dimasak untuk menghilangkan pasir yang menempel.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.