Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Mengolah kepiting harus pandai agar aroma amis tak menghampiri. Perhatikan beberapa cara berikut saat ENDEUSiast ingin mengolah kepiting.

Salah satu olahan seafood yang menjadi favorit adalah kepiting. Kepiting dengan cita rasa yang gurih dan manis ini bisa diolah menjadi masakan apapun. Apapun masakannya, jika menggunakan bahan kepiting maka tak ada yang mampu menolak kelezatannya.

Sayangnya, banyak orang yang enggan mengolah kepiting karena proses untuk mengolahnya sangat menyita waktu. Memasak kepiting merupakan tantangan tersendiri, karena tak mudah mengolah binatang laut dengan cangkang yang keras ini. Selain itu, dibutuhkan ketelitian untuk membersihkan kepiting sebelum diolah, karena sedikit saja kesalahan, maka kepiting bisa meninggalkan bau amis. Lalu, bagaimana caranya mengolah kepiting tanpa rasa amis?

1/ Menusuk Cangkang dengan Pisau

Anda harus tega membunuh kepiting yang masih hidup dengan menusuk tepat di bagian tengahnya, namun balik dahulu kepiting ini sebelum ditusuk. Setelah kepiting benar-benar mati, belah bagian perutnya dan lepaskan ikatan yang ada pada kepiting.

2/ Membuang Lendir

Salah satu yang mempengaruhi rasa daging kepiting adalah kandungan lendir yang terdapat pada pantatnya, sehingga ENDEUSiast harus membersihkan bagian pantat kepiting yang berlendir dan membuangnya hingga benar-benar bersih.

3/ Mencuci dengan Air yang Mengalir

Sebaiknya cuci kepiting yang telah dibersihkan menggunakan air mengalir. Hindari merendam kepiting yang telah dibelah dengan air, karena hanya akan memicu munculnya bakteri. Hilangkan juga kotoran kepiting dengan menyikatnya pada bagian cangkang.

4/ Memukul Capit dan Cangkang

Agar bumbu dan rempah meresap sempurna,maka pukullah cangkang dan capitnya dahulu. Setelah itu, barulah ENDEUSiast bisa mengolah kepiting menjadi beragam masakan

5/ Merebus Kepiting

Merebus kepiting adalah cara paling praktis dan mudah. Rebus kepiting selama 15-20 menit setelah capit dan cangkangnya dipukul. Tunggu hingga kepiting berubah warna menjadi orange. ENDEUSiast bisa meambahkan beragam rempa seperti daun salam dan serai untuk menghilangkan bau amis pada kepiting.

Sebelum kepiting direbus, pastikan ENDEUSiast telah membersihkan kepiting hingga benar-benar bersih. Setelah itu, rendamlah kepiting menggunakan air cuka sebentar. Selanjutnya rendamlah kepiting dengan air hangat untuk memastikan kepiting benar-benar mati. Selanjutnya, rebus air. Setelah air mendidih, masukkan kepiting. Tak perlu waktu lama. Cukup 10-15 menit saja. Angkat dan bumbui dengan garam, merica, dan perasan jeruk lemon untuk menghilangkan amisnya. Sampai tahap ini ENDEUSiast dapat mengolah kepiting menjadi masakan apapun.

Itulah beberapa cara untuk menghilangkan bau amis pada kepiting. Jika kepiting telah dibersihkan, yuk olah kepiting menjadi hidangan lezat di bawah ini :

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.