Sup ikan yang gurih dan lezat membutuhkan teknik masak khusus agar hasilnya istimewa. Buat sup ikan selezat restoran dengan beberapa tips rahasia ini.

Sup ikan adalah salah satu makanan yang banyak disukai. Makanan ini banyak digemari karena rasanya yang gurih alami dan juga kuahnya yang segar. Namun biasanya ketika membuat sup ikan, rasanya tidak bisa selezat sup buatan restoran meskipun bahan yang digunakan sama. Agar sup ikan buatan rumah bisa sama lezat dengan buatan restoran, ENDEUSiast bisa menggunkan beberapa tips rahasia ini.

1/ Pilih Bagian Ikan

Meskipun ENDEUSiast bisa menggunakan semua bagian ikan untuk digunakan dalam sup, namun bagian yang paling umum digunakan adalah fillet ikan saja. ENDEUSiast bisa menggunakan fillet ikan yang berdaging putih seperti tenggiri, gurami, atau dori. Namun ENDEUSiast juga bisa menggunakan bagian ikan secara utuh terutama bila menggunakan ikan seperti ikan bandeng. Menggunakan ikan yang utuh memang sedikit merepotkan saat makan sehingga ENDEUSiast bisa memotongnya menjadi beberapa bagian terlebih dahulu.

2/ Gunakan Kaldu

Salah satu kunci kelezatan sup ikan adalah kaldu yang digunakan. Cara yang mudah adalah menggunakan kaldu sapi atau kaldu ayam. Namun kalau ingin kaldu yang lebih sedap, ENDEUSiast bisa menggunakan kaldu udang dan kaldu ikan. Kaldu udang bisa dibuat dengan merebus kepala udang hingga keluar kaldunya dan kemudian disaring untuk digunakan sebagai kuah sup ikan. Sedangkan kaldu ikan dibuat dari sisa-sisa tulang dan kepala ikan yang di ambil dagingnya untuk fillet ikan, lalu direbus bersama jahe dan bawang putih agar harum. Saring dan gunakan untuk kuah sup ikan yang lebih istimewa!

3/ Variasi Bahan

Selain menggunakan ikan, sup ikan juga bisa menggunakan bahan-bahan yang lain seperti wortel, kentang, dan daun bawang ataupun penambahan seafood seperti udang dan kerang. Selain itu, ENDEUSiast juga bisa menambahkan tomat hijau seperti sup ikan Batam agar kuah lebih segar dan juga aroma amis pada ikan berkurang.

4/ Gunakan Bumbu yang Tepat

Bumbu dan rempah-rempah merupakan salah satu kunci kelezatan sup ikan. Ada dua jenis sup ikan yang ada di Indonesia yaitu sup ikan dengan kuah bening dan kuah kental. Sup ikan dengan kuah bening menggunakan bumbu-bumbu yang sederhana sehingga rasa ikan menjadi dominan. Sedangkan sup ikan dengan kuah kental menggunakan bumbu dan rempah yang beragam sehingga aromanya wangi dan membantu mengurangi bau amis. ENDEUSiast bisa menggunakan bumbu yang segar agar aroma sup ikan semakin sedap.

5/ Jangan Gunakan Api Besar

Salah satu kesalahan ketika membuat sup ikan adalah memasak dengan api besar. Padahal api besar akan membuat kaldu cepat menguap sehingga rasa sup ikan menjadi tidak sedap lagi. Bila memang kuah sup sudah berkurang dan ingin menambahkan air lagi, usahakan untuk menambahkan air di awal. Menambahkan air ketika sup hendak disajikan akan membuat rasa sup hambar. Selain itu, sebaiknya juga hindari terlalu sering mengaduk sup karena akan menyebabkan ikan cepat hancur dan bentuknya tidak bagus.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.