Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Kue tradisional nusantara hingga kini tetap digemari. Kue berbahan dasar ketan pun banyak penggemarnya. Berikut ini contoh kue berbahan dasar ketan.

Ragam kue nusantara tersedia berbagai macam jenisnya. Salah satu diantaranya adalah kue yang menggunakan ketan sebagai bahan dasar utamanya. Kue dengan bahan ketan biasanya mempunyai tekstur yang empuk dan kenyal. Kue berbahan dasar beras ketan cukup umum di Indonesia dan banyak disukai orang hingga saat ini.

Selain digunakan dalam bentuk beras ketan, beberapa kue juga menggunakan tepung ketan sebagai bahan utamanya sebagai pengganti tepung terigu. Berikut ini beberapa jenis kue Indonesia dengan bahan dasar beras ketan dan tepung ketan.

1/ Wingko Babat

Wingko babat adalah salah satu oleh-oleh populer saat ENDEUSiast berkunjung ke Jawa Tengah. Kue yang satu ini berbahan dasar tepung ketan. Sehingga mempunyai tekstur yang empuk kenyal dan garing dibagian luar. Wingko dimasak dengan cara dipanggang sehingga bagian luarnya krispi sedangkan bagian dalamnya empuk dan kenyal. Selain tepung beras, wingko babat juga menggunakan kelapa parut sehingga rasanya menjadi lebih gurih. Kelapa yang digunakan adalah kelapa yang masih muda dan diparut memanjang.

2/ Lemper

Lemper adalah salah satu makanan yang juga berbahan dasar ketan. Ketan yang digunakan adalah beras ketan yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah sehingga aromanya harum dan rasanya gurih. Beras ketan yang sudah dimasak kemudian dibentuk lonjong dan diisi dengan abon ayam. Kemudian lemper dibungkus dengan daun pisang. Lemper sudah siap dikonsumsi seperti ini atau dipanggang agar mendapatkan aroma daun dipanggang yang sedap.

3/ Gemblong

Kue yang berbahan dasar ketan adalah gembong. Gemblong adalah salah satu gorengan yang menggunakan tepung ketan. Karena dibuat dengan cara digoreng, gemblong mempunyai tekstur yang garing diluar dan lembut didalam. Selain itu salah satu ciri khas gemblong adalah setelah digoreng, gemblong kemudian dibalur dengan gula leleh yang panas sehingga membentuk lapisan gula. Lapisan gula ini memberikan tekstur renyah dan manis pada gemblong.

4/ Tape Ketan

Tape ketan adalah salah satu makanan yang juga berbahan dasar beras ketan. Tape ketan dibuat dari beras ketan, baik beras ketan putih ataupun beras ketan hitam yang sudah difermentasi. Proses pembuatannya hampir sama dengan tape ketan, hanya saja menggunakan beras ketan. Setelah sudah menjadi tape, tape ketan ini juga bisa diolah menjadi berbagai macam makanan lain seperti es tape ketan, madu mongso, dan lainnya.

5/ Lupis

Lupis juga salah satu makanan yang dibuat dari beras ketan. Beras ketan yang sudah dicuci kemudian dibungkus dengan daun pisang dan direbus selama beberapa jam hingga matang. Lupis ini biasanya disajikan dengan cenil, ongol-ongol, dan sebagainya. Biasanya lupis disajikan dengan parutan kelapa dan sirup gula merah.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.