Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Rendang tak hanya dikenal di Indonesia, Malaysia dan Singapura juga mengenal sajian rendang. Yuk, kenali perbedaan rendang Indonesia dan Malaysia.

Rendang daging secara geografis memang berasal dari Minangkabau, Indonesia. Namun karena masakan Malaysia dan Sumatera, Indonesia mempunyai banyak kemiripan, tidak sedikit yang mengira bila rendang daging berasal dari Malaysia. Bukan masalah klaim suatu makanan, namun nyatanya rendang daging Indonesia dan Malaysia itu berbeda. Dari segi rasa dua jenis rendang daging ini berbeda. Berikut ini beberapa perbedaan rendang daging Indonesia dan Malaysia.

1/ Tekstur Daging

Rendang daging Malaysia mempunyai tekstur yang lebih empuk dengan irisan yag lebih tipis. Sedangkan rendang daging Indonesia mempunyai irisan dan serat daging yang lebih tebal. Selain itu, tekstur rendang daging Malaysia ini lebih kering dan tidak berminyak. Sehingga bila dilihat sekilas rendang Malaysia ini mirip dengan daging empal. Rendang Indonesia biasanya berminyak dan penuh bumbu.

2/ Daun Salam

Salah satu rempah yang digunakan ketika membuat rendang adalah daun salam. Rempah yang satu ini memberikan rasa harum dan sedap pada rendang. Kalau di Indonesia, rendang menggunakan daun salam atau Indonesian bay leaf . Sedangkan untuk rendang Malaysia menggunakan daun salam koja. Daun salam koja ini juga disebut dengan daun kari yang mempunyai daun lebih kecil dari daun salam biasa. Karena penggunaan daun salam koja, rasa rendang Malaysia mempunyai karakter yang kuat.

3/ Daging yang Juicy

Rendang daging memang lebih nikmat disajikan dengan nasi. Di Malaysia, rendang daging disajikan dengan nasi biryani atau nasi lemak. Sedangkan di Indonesia, rendang disajikan dengan nasi putih, sambal hijau, daun singkong rebus, dan lauk lainnya seperti di restoran Padang. Selain itu, rendang Indonesia juga lebih berminyak dan nyemek sehingga rasa daging menjadi lebih juicy.

4/ Rasa Rendang

Dari segi rasa, rendang daging asal Malaysia dan Indonesia juga jauh berbeda. Rendang Indonesia yang berasal dari masakan Minang mempunyai rasa yang dominan asin dan pedas. Rendang daging ini dibuat dengan campuran cabai merah, bawang putih, bawang merah, daun kunyit, lengkuas, jahe, dan serai. Rasa manis dari rendang Indonesia berasal dari manis alami dari santan kelapa. Rendang daging asal Malaysia mempunyai rasa yang lebih manis karena menggunakan campuran gula jawa sebagai bumbunya.

5/ Taburan Kerisik

Karena tekstur rendang yang lebih kering, rendang Malaysia diberi taburan kerisik atau bubuk kelapa sangria diatasnya. Hal ini bertujuan untuk menambah cita rasa ketika rendang digigit. Rendang asal Indonesia, tidak menggunakan kerisik karena sudah menggunakan banyak santan kelapa sebagai bumbunya. Selain itu, rendang Indonesia juga dimasak dalam waktu yang lama hingga bumbu meresap.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.