Panci menjadi salah satu peralatan memasak yang harus ada di dapur, tapi apa jadinya jika panci berkerak?

Salah satu kegiatan yang paling menyenangkan untuk dilakukan adalah memasak. Dengan memasak, maka selain hobi tersalurkan perut akan kenyang. Tapi, ada satu hal yang membuat para ibu malas untuk memasak, yaitu mencuci semua peralatan yang ada di dapur, mulai dari panci, wajan, yang biasanya berkerak di bagian belakang. Saat memasak seperti Nasi Goreng Rendang , Taoge Goreng , dan sebagainya bisa saja terjadi kerak di bagian belakang yang tak jarang sulit dibersihkan.

Panci dan peralatan masak yang berkerak ini tentu menimbulkan dilema. Jika tak dibersihkan, maka keraknya makin betah sana menempel, tapi untuk mencucinya juga tidak mudah. Nampaknya dibutuhkan beberapa cara untuk menghilangkan keraknya. Kabar baiknya, ENDEUSiast tak perlu repot, karena ENDEUSiast bisa menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitarmu.

Rendam Panci Berkerak Menggunakan Air Panas

Air panas ternyata bisa digunakan untuk membersihkan kerak bandel yang menempel agar lebih mudah dibersihkan. Caranya cukup gampang, yaitu siapkan air panas di dalam baskom atau ember, lalu masukkan panci atau wajan yang gosong hingga seluruh bagian yang gosong terendam seluruhnya. Akan lebih mudah membersihkan kerak jika ENDEUSiast langsung merendamnya.

2/ Menggunakan Bahan Di Dapur

Merendam air panas bisa menjadi salah satu cara untuk menghilangkan kerak yang membandel. Jika memang tidak sempat merendam menggunakan air panas, kau bisa memanfaatkan bahan-bahan yang ada di dapur atau bahan yang ada disekitarmu untuk membasmi kerak yang membandel ini. Apa saja bahan tersebut?

3/ Air Cuka

Punya air cuka di dapur? Manfaatkan cuka ini untuk membersihkan kerak yang membandel. Kandungan asam asetatnya mampu membantu membersihkan kerak yang membandel. Cukup siram air cuka pada bagian yang berkerak. Diamkan beberapa saat dan bersihkan seperti biasa.

4/ Minyak sayur

Bahan ini pasti selalu ada di dapur. Selain bermanfaat untuk menumis, ternyata minyak sayur bisa dijadikan alternatif untuk melunakkan kerak gosong pada panci maupun wajan. Oleskan saja minyak sayur pada bagian panci dan wajan yang berkerak, lalu biarkan beberapa saat hingga keraknya melunak.

5/ Baking Soda dan Air

Sudah bukan rahasia lagi jika baking soda ini memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah menghilangkan kerak membandel pada wajan atau panci. Larutkan baking soda dengan air, lalu oleskan larutan baking soda ini pada bagian yang berkerak. Selanjutnya, diamkan beberapa saat dan bersihkan seperti biasa.

Ternyata, membersihkan kerak pada panci dan wajah tidak sesulit yang dibayangkan, ENDEUSiast tak perlu repot dan bisa memanfaatkan bahan-bahan yang ada disekitarmu. ENDEUSiast pun tak perlu mengeluarkan tenaga ekstra untuk menghilangkannya.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.