Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Sebagian besar orang menghindari olahan ikan ketika liburan dengan berbagai alasan. Namun olahan ikan dari negara-negara ini tidak boleh dilewatkan.

Ketika berlibur, olahan ikan memang bukan pilihan yang disukai banyak orang. Beberapa orang tidak menyukai aroma ikan yang amis apalagi ketika sedang berlibur. Padahal ada banyak jenis olahan ikan yang bisa dinikmati tanpa harus takut dengan aroma amis ataupun duri yang mengganggu.

Selain Indonesia, negara lain juga mempunyai berbagai jenis masakan dengan bahan dasar ikan. Kalau ENDEUSiast berkunjung ke luar negeri, jangan lupa mencicipi beberapa masakan dengan bahan dasar ikan berikut ini.

1/ Meuntang

Ikan adalah salah satu bahan makanan yang banyak digunakan di Korea Selatan. Ada cukup banyak olahan berbahan dasar ikan, salah satunya adalah meuntang . Makanan yang satu ini adalah sebutan untuk sup ikan rebus dengan citarasa pedas. Ikan yang digunakan bisa bermacam-macam namun lebih baik menggunakan ikan segar. Kemudian ikan dimasak dengan sayur-sayuran dan bumbu-bumbu.

Meuntang ini disajikan dalam keadaan panas dalam mangkuk yang terbuat dari tanah liat sehingga panasnya tetap awet terjaga. Makanan yang satu ini cocok banget kalau ENDEUSiast adalah penggemar makanan pedas dan berkuah.

2/ Gravlax

Dari Swedia, ada satu olahan ikan yang cukup unik yaitu Gravlax . Makanan yang satu ini berbahan dasar ikan salmon yang diawetkan. Ikan salmon diawetkan dengan lada, gula, garam, dan juga daun dill atau adas. Kemudian ikan didinginkan selama 1-3 hari.

Gravlax ini biasanya dihidangkan di atas roti gandum dan ditambah dengan saus khas Swedia. Bila dirasa kurang sedap, gravlax juga bisa disajikan dengan perasan air lemon agar rasanya lebih segar.

3/ Romesco de Peix

Romesco de Peix adalah salah satu olahan ikan yang berasal dari Catalunya, Spanyol. Masakkan ini berbahan dasar ikan yang dimasak dengan bumbu-bumbu seperti tomat, bawang bombay, paprika, merica, saffron , dan almond. Kuah pada makanan ini kental dan creamy sehingga membuat rasa ikan menjadi gurih. Selain ikan, kerang dan seafood yang lain juga biasa ditambahkan dalam makanan yang satu ini.

4/ Fish Amok

Fish Amok adalah salah satu makanan yang berasal dari Kamboja. Makanan yang satu ini adalah sejenis kari ikan yang disajikan secara tradisional yaitu menggunakan daun pisang. Sekilas memang mirip seperti makanan di Indonesia ya. Bahkan bumbu-bumbu yang digunakan juga hampir mirip dengan masakan Indonesia misalnya daun basil, daun jeruk. sereh, ketumbar, kecap ikan, lengkuas, dan cabai.

5/ Maqueca

Maqueca adalah salah satu olahan ikan yang populer di Brazil. Makanan yang satu ini berbahan dasar ikan yang dimasak berkuah dengan bumbu-bumbu seperti paprika, tomat, cabai, dan santan. Kalau di Indoneisa, maqueca ini terlihat seperti sayur lodeh ya.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.