Olahan ikan yang bergizi tinggi sangat cocok dihidangkan untuk merayakan HUT RI. Berikut ini olahan ikan yang nikmat disantap saat perayaan HUT RI.

Olahan ikan memang bukan hal yang umum disajikan ketika perayaan kemerdekaan. Biasanya makanan yang disajikan ketika kemerdekaan adalah nasi tumpeng ataupun bubur merah putih.

Namun kalau ENDEUSiast ingin sajian makanan yang berbeda, ENDEUSiast bisa memilih olahan ikan. Ada banyak olahan ikan yang menjadi favorit masyarakat Indonesia, namun ENDEUSiast bisa menyajikan beberapa menu ikan berikut ini.

1/ Bandeng Presto

Bandeng adalah salah satu jenis ikan dengan rasa yang gurih, namun banyak orang tidak menyukai ikan ini karena durinya banyak. Salah satu olahan ikan bandeng yang digemari adalah bandeng presto. Memasak ikan bandeng dengan cara presto membuat duri dalam tubuh ikan bandeng menjadi lunak. Sehingga ENDEUSiast tidak perlu khawatir dengan durinya ketika memakan bandeng. Agar bandengan tidak hancur ketika digoreng, ENDEUSiast bisa melapisinya dengan telur. Ikan bandeng presto gulung telur ini bisa disajikan dengan sambal dan lalapan.

2/ Ikan Teri Tumis Pete

Ikan teri asin adalah salah satu jenis ikan yang sangat populer di Indonesia. Ikan ini bisa dimasak menjadi berbagai masakan. Salah satu masakan berbahan ikan teri yang bisa ENDEUSiast coba adalah ikan teri tumis pete. Ikan teri yang asin berpadu dengan gurihnya pete akan membuat ENDEUSiast lupa diet. Agar lebih nikmat, gunakan ikan teri Medan yang ukurannya kecil dan rasanya lebih gurih. Kalau ENDEUSiast suka pedas, ENDEUSiast bisa menggunakan banyak cabai rawit agar tumisan semakin nikmat.

3/ Ikan Bandeng Kuah

Sup ikan adalah salah satu olahan ikan yang banyak digemari. Untuk membuat sup ikan ini ENDEUSiast bisa menggunakan berbagai jenis ikan, utamanya yang berdaging putih seperti ikan bandeng. Ikan bandeng kuah ini mempunyai kuah yang bening seperti sup yang segar dan rasa bandeng yang gurih alami. ENDEUSiast bisa menambahkan tomat hijau dan daun kemangi untuk menambah rasa pada ikan bandeng kuah.

4/ Ikan Gurame Bumbu Acar

Ikan bumbu acar atau juga dikenal sebagai pesmol adalah salah satu olahan ikan yang cukup populer. Bumbu acar kuning ini membantu menghilangkan rasa amis pada ikan karena aroma rempah-rempahnya. Untuk olahan ikan ini ENDEUSiast bisa menggunakan ikan gurami atau ikan lain seperti ikan mujair. Selain itu, agar pesmol ikan lebih segar, ENDEUSiast bisa menambahkan sayuran seperti wortel dan mentimun.

5/ Ikan Tongkol Suwir

Olahan ikan yang satu ini menjadi favorit banyak orang. Daging ikan tongkol yang padat memang cocok untuk dijadikan ikan suwir. ENDEUSiast bisa memasak menggunakan daging ikan tongkol yang bagian putihnya dan campur dengan bumbu dan cabai rawit bila suka dengan rasa pedas.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.