Membuat menu buka puasa yang sesuai dengan cuaca terik seperti ini memang lebih cocok yang berkuah, segar dan mengenyangkan.

Cuaca di Indonesia yang sedang teriknya memang lebih enak bila kita mengkonsumsi makanan yang berkuah. Apa ENDEUSiast sudah terbayang menu makanan apa yang berkuah dan segar yang enak disajikan untuk buka puasa? Makanan yang berkuah dan segar bukanlah kolak takjil namun menu masakan sup ikan patin. Sup yang menggunakan bahan olahan ikan patin ini dijamin akan menggugah selera makan anda.

Bagi kalian pecinta sup, maka sup ikan patin ini wajib dicoba sebagai menu masakan untuk buka puasa bersama keluarga nanti. bagaimana cara membuat sop ikan patin? Mari kita simak resepnya di bawah ini.

Resep Sup Ikan Patin

1 ekor ikan patin

1 buah jeruk nipis, ambil airnya

1/2 sdt garam

1/4 sdt gula

1/4 sdt merica

5 siung bawang putih, diiris

5 siung bawang merah, diiris

1 batang sereh, memarkan

Jahe, memarkan

2 lembar daun jeruk

2 lembar daun salam

Daun kemangi secukupnya

2 buah tomat hijau, dipotong dadu

Cabai rawit, sesuai selera

500 ml air

Cara Membuat Sup Ikan Patin

Pertama-tama bersihkan ikan patin lalu taburi garam dan perasan air jeruk nipis lalu diamkan selama 15 menit agar bau amisnya menghilang. Sementara menunggu, ENDEUSiast bisa sembari didihkan air lalu masukkan bawang putih, bawang merah yang telah dipotong, jahe, sereh dan daun jeruk. Tunggu sampai mendidih dan berbau harum. Ikan patin yang telah didiamkan selama 15 menit tersebut harus ENDEUSiast cuci lagi untuk menghilangkan bekas garam dan air dari jeruk nipis yang menempel pada ikan.

Setelah itu masukkan ikan patin yang sudah dicuci bersih ke dalam rebusan air tadi, lalu masak dan aduk hingga matang dan ikan menjadi empuk. Tambahkan juga garam, gula dan penyedap rasa agar rasa sop ikan patin menjadi lebih enak. Jika sudah dirasanya matang, matikan kompor lalu masukkan cabai rawit dan tomat yang telah dipotong-potong serta daun kemangi. Fungsi daun kemangi adalah agar sup ikan patin yang ENDEUSiast masak menjadi lebih beraroma. Jangan lupa sebelum dimasukkan ke dalam masakan, ENDEUSiast harus mencuci bersih terlebih dahulu.

Sangat mudah kan dalam memasak sop ikan patin. Aromanya yang wangi dengan kuah yang segar dijamin bisa membuat selera makan Anda meningkat. Hidangkan selagi panas bersama nasi hangat. ENDEUSiast bisa juga membuat menu masakan lain berbahan ikan seperti, Sup Ikan Vietnam. Dapatkan resep mudahnya di sini ya.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.