Takut kadar gula darah naik saat bersantap dessert dari buah durian? Tidak perlu khawatir, ikuti saja cara berikut!

Durian, buah yang disebut-sebut sebagai The King of Fruits ini tersebar luas di negara-negara tropis, tak terkecuali indonesia. Durian memiliki kulit duri yang tebal, baunya menyengat namun rasanya sangat lezat. Beberapa orang sangat suka dengan buah ini, hingga menjadi membabi-buta makan durian saat sedang musim. Tapi ada juga yang tidak menyukai buah durian karena aromanya yang sangat menyengat, atau karena teksturnya yang lembek.

Diabetes adalah sebuah penyakit yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah yang melampaui batas normal. Bagi mereka yang menderita diabetes, terkadang sulit untuk menyesuaikan diri dengan pola makan baru yang harus dijalani. Penderita diabetes dihimbau untuk menghindari makanan dengan kadar gula yang banyak seperti nasi, pasta, roti putih, sereal manis, madu, sirup, , minuman bersoda bahkan jus buah manis. Tentu durian termasuk dalam makanan yang harus dihindari oleh para penderita diabetes.

Mengkonsumsi makanan dan minuman manis sangatlah berisiko bagi para penderita diabetes. Tapi bagaimana jika ingin memakan hidangan manis seperti durian?

Dr. dr. Aris, Sp.PD., KEMD., Ketua PEDl (Perhimpunan Edukator Diabetes lndonesia) menyebutkan bahwa buah durian dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang begitu cepat dalam tubuh setelah dikonsumsi. Durian cepat sekali menaikkan kadar gula dalam darah, oleh karena itu orang yang menderita diabetes dihimbau untuk menghindari durian.

Namun menghindari durian bukan berarti tidak boleh makan durian sama sekali. Bagaimana cara penderita diabetes bisa tetap mengkonsumsi durian? Berikut ini adalah tips memakan durian untuk penderita diabetes :

Siapkan sayur-sayuran mentah kurang lebih 200 gram

Siapkan 1 buah timun dan 1 buah tomat ukuran besar

Makan sayuran tersebut sebelum mengonsumsi durian

Ternyata cukup simpel ya? Hanya perlu menyiapkan sayur saja sebelum memakan durian. Hal ini dilakukan untuk menghambat penyerapan gula dari buah durian ke dalam tubuh. Setelah makan sayur, tentu perut sudah terisi sehingga akan mengurangi nafsu untuk makan durian. Selain itu, sayur memang makanan paling efektif untuk menghambat penyerapan gula.

Nah, bagaimana? Sekarang ENDEUSiast sudah tahu kan bahwa diabetes bukan penghalang untuk menikmati buah durian? Silakan mencoba tips di atas dan ingat untuk tidak makan berlebihan demi menjaga kesehatan.

Sehat tapi tetap nikmat, berikut ini adalah beberapa resep sayur-sayuran yang dapat menjadi inspirasi bagi ENDEUSiast :

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.