Berbagai jenis daging ayam yang bisa diolah menjadi sajian yang beragam. Ketika mengolahnya juga diperlukan tips khusus agar tidak salah.

Sajian dari bahan olahan daging ayam memang sangat lezat. Ada banyak kreasi masakan yang bisa ENDEUSiast coba untuk dijadikan masakan semisal pepes ayam . dalam proses memasak daging ayam juga diperlukan teknik mengolah yang benar agar menjadi sajian yang lezat. Mulai dari proses pencucian daging ayam, pemotongannya hingga proses pemasakannya. ENDEUSiast juga harus memperhatikan beberapa hal yang harus dihindari dalam proses pengolahannya. Apa saja itu? Mari simak pembahasannya di bawah ini.

1/ Memasak dalam Keadaan Beku

Biasanya para ibu-ibu sering menyimpan ayam di freezer guna dijadikan stock. Jika ENDEUSiast ingin memasaknya, jangan olah daging ayam yang baru keluar dari freezer. Lebih baik diamkan terlebih dahulu biarkan es yang melekat pada daging ayam cair. Memang dibutuhkan waktu lama untuk mencairkan daging ayam.

Jadi sebaiknya keluarkan ayam beberapa jam sebelum diolah agar tidak terburu-buru pada memasaknya. Tetapi bukan berarti mendiamkan ayam terlalu lama, karena bila didiamkan terlalu lama justru akan mengundang datangnya bakteri salmonella.

2/ Mencuci di Wastafel

Kegunaan wastafel memang untuk mencuci piring tetapi bukan berarti bisa digunakan untuk mencuci daging ayam. ENDEUSiast tidak pernah tau berapa banyak bakteri yang ada di wastafel maka dari itu jangan pernah sekali-kali mencuci daging ayam dari wastafel karena dikhawatirkan justru akan ada bakteri menempel pada daging ayam. Bukannya bersih justru malah mengundang penyakit.

Cara yang tepat dalam mencuci ayam adalah dengan menyiapkan wadah yang berisi air bersih lalu rendam daging ayam sembari diusap secara perlahan. Cara ini sangat efektif untuk menghindari terjadinya kontaminasi bakteri ke daging ayam.

3/ Mencuci Langsung Menggunakan Air Bersih

Selain tidak disarankan untuk mencuci dari wastafel, juga tidak disarankan langsung mencucinya dengan air. Sebaiknya rebus terlebih dahulu ayam hingga setengah matang sebelum dicuci. Setelah direbus barulah ENDEUSiast mengganti air rebusan tadi dengan air bersih dan cuci daging ayamnya. ENDEUSiast juga bisa memberikan bumbu untuk mulai proses memasaknya.

4/ Memasak dalam Suhu Tinggi

Masuk ke dalam proses pemasakan, tidak disarankan untuk memasak dalam suhu tinggi demi menjaga tekstur daging ayam agar tetap baik dan juga tidak cepat gosong. Bagian luarnya sudah matang tetapi bagian dalam daging malah justru masih mentah.

Itulah beberapa hal yang harus ENDEUSiast perhatikan dalam mengolah daging agar tidak salah. ENDEUSiast tidak mau kan bila masakan yang ENDEUSiast sajikan tidak enak karena dari awal pengolahannya sudah salah. Jadi jangan sampai hal ini terjadi ya.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.