Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Tidak hanya dijajakan di restoran-restoran saja, rasanya hampir seluruh rumah tangga di Korea Selatan memiliki alat untuk melakukan Korean BBQ.

Daging panggang adalah salah satu kuliner yang populer di Korea Selatan. Tidak hanya dijajakan di restoran-restoran saja, rasanya hampir seluruh rumah tangga di Korea Selatan memiliki alat untuk melakukan kegiatan Korean BBQ ini. Jika ENDEUSiast ingin mencoba merasakan pengalaman bersantap ala Korean BBQ, ENDEUSiast bisa mengintip mencoba menggunakan reep daging panggang ala Korea dan tentunya memperhatikan beberapa poin berikut

Pilih Jenis Daging

Daging panggang Korea terdiri dari beberapa jenis. Ada daging yang marinated, non-marinated, sudah dipotong, dan sebagainya. Selain itu, jenis daging yang digunakan untuk daging panggang juga bervariasi mulai dari daging sapi, babi, ayam, hingga seafood dan ikan. Pilihan daging panggang yang populer di Korea adalah perut babi aau samgyeopsal dan daging iga sapi atau tteokgalbi.

Pilih Ban chan atau Side Dish

Dalam kuliner Korea, banchan atau side dish adalah makanan yang wajib ada untuk setiap acara makan termasuk ketika makan daging panggang. Banchan atau side dish ini terdiri dari banyak jenis misalnya kimchi, kimchi sawi, fish cake, tauge kedelai, bayam, aneka tumis, dan sebagainya. Biasanya di restoran Korea, banchan ini tersedia gratis dan bisa diisi ulang sesuai selera. Makanan pendamping atau side dish ini juga sangat cocok bila dipadukan dengan daging panggang.

Membakar Daging

Semua sajian daging panggang Korea dibakar diatas meja yang sudah dilengkapi dengan grill. Sehingga ENDEUSiast bisa memanggang sendiri daging sesuai dengan selera. Hal ini karena orang Korea percaya bila rasa daging lebih lezat bila langsung dimakan langsung dari panggangan. Kalau ENDEUSiast belum terbiasa memanggang daging, ENDEUSiast juga bisa meminta bantuan pelayan untuk memanggang daging.

Setelah daging matang, ENDEUSiast bisa langsung makan atau mencelupkan potongan daging dalam saus ssamjang. Saus ini adalah saus perpaduan dari doenjang atau pasta fermentasi kedelai, gochujang, cuka, gula, dan bawang putih.

Membungkus Daging dengan Sayuran

Salah satu keunikan daging panggang Korea adalah dibungkus dengan daun sebelum dimakan. Daun yang biasa digunakan adalah daun selada atau daun perilla. ENDEUSiast bisa mengambil satu lembar daun selada dan letakkan di atas telapak tangan. Ambil daging yang sudah matang dan letakkan di tengah daun selada, tambahkan ssamjang, irisan cabai, bawang putih, dan banchan bila suka, Bungkus daun selada menjadi kantung kecil dan langsung dilahap.

Jangan Lupa Sup

Meskipun menu utama adalah daging panggang, namun sup juga selalu dihidangkan. Sama halnya dengan banchan, orang Korea selalu makan dengan ditemani sup termasuk makan daging panggang. Ada berbagai macam jenis sup namun biasanya sup dengan kuah bening dan segar cocok untuk dimakan bersama daging panggang.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.