Mengenal Bumbu Aromatik khas Aceh
Mengenal Bumbu Aromatik khas Aceh

Bumbu dan rempah selalu digunakan untuk setiap masakan khas Aceh. Maka nggak heran bila kuliner khas Aceh memiliki aroma dan rasa yang khas.

Berkunjung ke Aceh memang harus jalan-jalan untuk bisa menikmati semua pemandangan alam yang disuguhkan di sana. Selain berkeliling, rasanya kurang lengkap kalo nggak mencoba kuliner khas Aceh.

Ciri khas dari masakan Aceh adalah penggunaan bumbu dan rempah yang banyak sehingga warna, aroma dan rasanya pun lebih tajam dihasilkan dari bumbu yang digunakan tersebut. Berikut akan dijelaskan beberapa bumbu dan rempah aromatik yang sering digunakan pada masakan Aceh.

1. U Teulheu

U teulheu merupakan salah satu jenis bumbu yang sering dimanfaatkan masyarakat Aceh di setiap hidangannya. Bumbu ini terbuat dari kelapa yang diparut lalu kemudian disangrai hingga hasilnya akan berupa minyak.

Sisa kelapa yang disangrai tadi beserta minyaknya kemudian ditumbuk hingga halus. U teulheu memiliki fungsi untuk memberikan rasa yang gurih pada gulai serta juga bisa membuat kental kuahnya.

2. Asam Sunti

Bumbu khas Aceh lainnya yang banyak digunakan adalah asam sunti. Sesuai dengan namanya, asam ini memiliki fungsi untuk memberikan rasa asam alami pada setiap masakan.

Selain digunakan sebagai perasa makanan, asam sunti juga banyak dimanfaatkan untuk menghilangkan bau amis pada bahan olahan seperti seafood , daging ikan atau daging ayam. Asam sunti bisa diolah dengan cara dipotong kecil-kecil, dihaluskan lalu dicampur bersamaan dengan bumbu atau langsung digunakan dalam keadaan utuh.

Ada beragam jenis kuliner Aceh yang menggunakan bumbu asam sunti di antaranya adalah kari ayam , aneka sambal hingga keu’eung. Bagi yang belum kenal keueng, masakan yang berasal dari Aceh ini memiliki citra rasa yang pedas dan asam serta menggunakan kunyit sehingga warna kuahnya akan terlihat kekuningan.

Untuk memasak hidangan ini, masyarakat Aceh masih menggunakan cara tradisional yaitu dengan menggunakan periuk tanah liat. Mereka percaya dengan menggunakan alat tersebut hasil masakannya akan jauh lebih lezat bila dibandingkan dengan menggunakan wajan.

3. Daun Salam Koja

Daun salam koja atau biasa dikenal dengan sebutan daun kari atau daun temurui ini merupakan salah satu bahan yang memiliki peranan penting untuk menciptakan kelezatan di setiap hidangan Aceh.

Aroma khas dari daun salam koja menjadi ciri khasnya dan aroma dari setiap hidangan yang menggunakan daun ini mirip dengan masakan khas India. Ukuran dari daun salam koja sekilas sama dengan daun salam pada umumnya, yang membedakan hanya saja ukuran daun salam koja lebih kecil.

Itulah beberapa daftar bumbu khas Indonesia yang sering digunakan untuk masakan Aceh. Ada yang pernah kamu coba sebelumnya?

Endeustorial

Ikuti Instagram