Resep masakan indonesia yang berupa gorengan sudah menjadi favorit banyak orang. Teksturnya yang renyah dan gurih membuat siapapun menyukainya.

Bakwan termasuk salah satu jenis makanan yang digoreng. Cara membuatnya pun terbilang cukup mudah. Selain itu harga untuk bahan baku yang dibutuhkan juga tidak mahal. Itulah yang menjadi alasan orang-orang menyukai gorengan termasuk bakwan.

Bahan yang biasanya dipakai untuk membuat bakwan berupa jagung manis, irisan wortel, tauge, kol, daun bawang dan tepung terigu. Ada juga yang menggunakan tahu atau mie sebagai pelengkap isiannya.

Sekalipun terbuat dari bahan yang sederhana dan juga dimasak hanya dengan digoreng, tetapi tetap saja kemungkinan salah pasti ada. Semisal tekstur menjadi lembek atau justru malah jadi alot. Untuk bisa sukses dalam membuat bakwan yang renyah dan empuk, sebaiknya ENDEUSiast perhatikan tipsnya di bawah ini.

1/ Menggunakan Campuran Tepung

Tips yang harus ENDEUSiast lakukan agar bakwan bisa mengembang dan empuk adalah dengan mencampurkan tepung terigu dan tepung beras. Untuk perbandingannya, ENDEUSiast bisa gunakan 4 : 1 yang artinya 250 gram untuk tepung terigu dan 1 sdm untuk tepung beras. Mencampurkan tepung beras kedalam adonan bisa membuat renyah pada bakwan. Bisa juga menggunakan tepung tapioka, tetapi tidak terlalu disarankan karena sifat tepung tapioka yang lengket sehingga membuat bakwan susah empuk dan cepat mengeras.

Selain itu, pilih jenis tepung terigu yang rendah protein dan pastikan juga kandungan glutennya sedikit. Alasannya adalah bakwan yang menggunakan tepung terigu tinggi kandungan glutennya justru akan menjadi bantet.

2/ Siapkan Bahan

Siapkan semua bahan yang ENDEUSiast perlukan untuk membuat bakwan. Mulai dari tepung terigu, isian bakwan, sayuran dan penyedap rasa. Campurkan semua bahan lalu aduk hingga menjadi adonan.

Untuk sayuran, sebaiknya dimasukkan pada saat adonan bakwan hendak digoreng karena di dalam sayuran terdapat kandungan air yang dapat membuat adonan bakwan menjadi encer. Bila adonan terlalu encer justru akan membuat bakwan menjadi berminyak.

3/ Menggunakan Minyak Baru

Untuk menghasilkan tampilan bakwan yang cantik maka pada saat menggoreng gunakanlah minyak baru. Jangan gunakan minyak sisa atau minyak jelantah karena bisa membuat warna pada bakwan menjadi coklat kegelapan nampak seperti gosong.

Gunakan teknik menggoreng deep frying. Artinya bakwan terendam minyak pada saat digoreng. Hal tersebut bertujuan agar adonan bisa matang secara merata hingga bagian terdalamnya. Jika menggunakan minyak sedikit justru membuat lama proses penggorengan dan juga minyak akan terserap banyak di bakwan.

Demikianlah tips resep masakan bakwan yang renyah dan empuk. Untuk kreasi bakwan lainnya bisa ENDEUSiast cek di sini . Selamat mencobanya dirumah, semoga berhasil.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.