Mie goreng instan memiliki kandungan nutrisi buruk menurut beberapa penelitian. Maka diperlukan cara untuk membuat mie goreng dengan cara yang sehat.

Bagi anak kos sepertinya sudah menjadi kebiasaan untuk menyimpan mie instan sebagai stok ketika lapar melanda. Mie yang banyak dipilih adalah mie goreng karena lebih praktis dan tidak membutuhkan air panas untuk dijadikan kuah. Membuat mie goreng pun tidak membutuhkan waktu lama, sekitar 10 sampai 15 menit maka mie goreng telah siap disantap.

Kita juga tidak boleh terlalu sering makan mie goreng karena ada beberapa penelitian yang menyatakan bahwa mie memiliki kandungan nutrisi yang buruk. bila dikonsumsi terlalu sering maka dapat membahayakan kesehatan tubuh kita. ENDEUSiast tidak mau seperti itu kan? Nah, ada cara sehat membuat mie goreng yang bisa ENDEUSiast tiru dirumah. Berikut ulasan lengkapnya di bawah ini.

1/ Mengurangi Bumbunya

Di dalam bumbu mie goreng terdapat kandungan MSG (Mono Sodium Glutamat) yang tinggi atau lebih dikenal dengan istilah micin. Bila ENDEUSiast terlalu banyak mengkonsumsi MSG akan membahayakan kesehatan otak. Maka untuk menghindarinya, kurangi penggunaan bumbunya. Biasanya pada mie goreng terdapat kecap dan saus bawaan, ENDEUSiast bisa menggantinya dengan saus dan kecap dari rumah sehingga lebih aman dan sehat. Hal ini juga perlu diterapkan bila ENDEUSiast memasak hidangan lainnya dari mie seperti sop ayam mie instant . Jangan gunakan bumbu yang ada dalam kemasan.

2/ Jangan Mencampurkan Bumbu

Bagi sebagian orang, mencampurkan bumbu pada saat memasak mie dianggap praktis. Tetapi tahukah ENDEUSiast bahwa bumbu yang mengandung MSG apabila tercampur air panas dengan suhu mencapai 120 derajat justru akan menghasilkan zat karsinogen yang dapat memicu terjadinya kanker. Nah, mulai sekarang jangan lagi mencampurkan bumbu pada saat sedang memasak mie untuk tetap menjaga kesehatan kita. itulah pentingnya adanya petunjuk cara memasak mie yang benar pada belakang kemasan.

3/ Tambahkan Sayuran

Pada mie goreng terdapat karbohidrat yang tinggi, namun mengandung sedikit protein dan vitamin. Nah, untuk menyeimbangkan nilai gizi pada mie goreng yang kita makan, bisa ditambahkan telur dan berbagai sayuran seperti sawi hijau. Sayuran berwarna hijau ini memiliki kandungan vitamin A, B, C, E dan K serta kalsium dan berbagai nutrisi lainnya. ENDEUSiast juga bisa menambahkan ayam, ikan teri atau bahan lainnya yang mengandung banyak protein. Kini ENDEUSiast bisa menyantap mie goreng yang penuh kandungan gizinya.

Kini ENDEUSiast sudah bisa menyantap mie goreng secara lebih sehat. Akan tetapi jangan terlalu banyak ya agar tidak mengganggu kesehatan ENDEUSiast. Boleh mengkonsumsi mie instan setidaknya sebulan sekali dan pastikan memasaknya hingga benar-benar matang agar ENDEUSiast tetap sehat. Selamat mencoba!

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.