Makanan berbahan pisang ada begitu banyak macamnya. Tak hanya bisa disantap langsung, pisang juga cocok diolah untuk sajian berbuka.

Siapa yang tidak kenal pisang. Semua orang pasti mengenal pisang. Buah yang berbentuk lonjong berwarna kuning ini memiliki rasa yang manis dan juga mengenyangkan. Cukup makan 1 atau 2 pisang saja sudah bisa mengganjal perut untuk beberapa jam.

Jika bosan dengan pisang yang hanya dimakan langsung, kenapa tidak mencoba untuk mengkreasikannya sendiri dengan dicampurkan olahan lainnya. Sehingga bisa dijadikan sebagai sajian untuk berbuka.

1/ Kolak Pisang

Kolak pisang biasanya dijadikan sebagai takjil pada sajian buka puasa. Rasanya yang manis dan segar membuat kolak pisang ini memang cocok dihidangkan untuk makanan pembuka sebelum memakan makanan lainnya.

ENDEUSiast hanya perlu membutuhkan bahan seperti pisang, santan , gula jawa, daun pandan dan kolang kaling sebagai tambahannya. Biasanya kolak pisang dimasak diatas kompor namun ENDEUSiast juga bisa memasaknya dengan cara di kukus. Untuk melihat caranya membuat kolak pisang kukus bisa dilihat di sini .

2/ Pisang Nugget

Biasanya nugget berbahan dasar daging ayam namun kini nugget telah dikreasikan menjadi pisang nugget yang tentunya berbahan dasar pisang. Ada banyak varian rasa seperti coklat, nuttela dan choco orea atau ENDEUSiast bisa mengkombinasikan sendiri rasanya sesuai dengan selera.

Pisang yang dibalut dengan tepung panir dan kulit lumpia ini sangat cocok dihidangkan untuk berbuka. Bila ENDEUSiast ingin mengetahui resep pisang nugget bisa klik di sini.

3/ Pisang Geprek

Bukan cuman ayam saja yang bisa digeprek, kini pisang pun bisa diolah menjadi pisang geprek. Untuk membuatnya pun cukup mudah, ENDEUSiast hanya perlu menggeprek pisang hingga tipis lalu goreng hingga kering krispi tanpa menggunakan tepung atau bahan lainnya. Pisang geprek akan lebih nikmat bila dihidangkan bersama dengan sambal pedas.

Di Makassar, makanan ini terkenal dengan sebutan pisang peppe yang berbahan dasar pisang mengkal. Untuk pisang geprek ini ENDEUSiast bisa menggunakan pisang ambon atau pisang kapok yang mengkal. Lalu goreng sebentar di wajan yang berisi minyak panas. Setelah itu baru rendam kedalam air yang berisi garam dan goreng kembali hingga pisang geprek benar-benar kering dan krispi.

Bagaimana, tertarik untuk membuat makanan dari bahan dasar pisang? Selain rasanya yang manis, pisang juga memiliki nilai gizi yang bagus untuk kesehatan loh. Bahannya pun mudah dicari, ENDEUSiast bisa membelinya di pasar tradisional atau pasar modern. Apalagi cara membuatnya pun cukup mudah dan tidak membutuhkan waktu lama.

Jadi sudah siap untuk membuat olahan makanan dari pisang untuk berbuka? Selamat mencoba!

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.