Dapur bersih memang jadi keinginan setiap orang. Untuk itu rangkuman metode Marie Kondo ini bisa membantu membuat dapur ENDEUSiast rapi.

Makanan yang sehat tentu bersumber dari dapur bersih yang higienis, maka dari itu dapur perlu dibersihkan secara berkala. Namun, masalah kebersihan dapur seolah tidak pernah habis karena kotoran dan sampah, ditambah alat masak yang kembali berserakan meskipun sudah dirapihkan berulang.

“ Gimana ya cara supaya dapur tetap rapi?”

Metode Marie Kondo atau lebih dikenal dengan KonMar, seorang pakar organizing dari Jepang, mungkin bisa ENDEUSiast terapkan. Dalam bukunya 'the life-changing magic of tidying up' yang jadi New York Times Best Seller dan terjual lebih dari 2 juta kopi di seluruh dunia, ada tips yang akan membuat dapurmu terlihat rapi, bersih, dan ‘spark joy’ atau memancarkan kebahagiaan setiap saat.

1/ Simpan alat makan dan alat masak yang ENDEUSiast suka dan betul-betul digunakan

ENDEUSiast mungkin punya banyak alat makan dan alat masak, tapi apakah memiliki semua hal tersebut membuatmu senang?

Menurut KonMar, dibandingkan memiliki terlalu banyak barang yang membuat dapurmu sumpek, ENDEUSiast bisa membuang beberapa perabot yang tidak ‘spark joy’ dan menggunakan alat yang betul-betul ENDEUSiast sukai setiap hari.

Misalnya blender tua yang jarang ENDEUSiast pakai, atau mesin pembuat kopi yang tidak pernah digunakan, ENDEUSiast bisa mendonasikannya atau menjual dibandingkan menganggurkan dan membuat dapur padat.

2/ Pindahkan semuanya ke dalam wadah yang transparan

Selain membuatnya mudah digunakan, memindahkan bahan dalam kemasan dalam wadah transparan membuat visual dapur lebih baik.

ENDEUSiast tidak perlu melihat jenis merek dari sabun cuci, atau bubuk merica yang ENDEUSiast beli. ENDEUSiast tinggal memindahkannya dalam pump, atau kontainer transparan.

Ini juga membuat dapur lebih lapang lho.

3/ Jangan menaruh apapun di countertops atau meja dapur

Selain kompor, jangan taruh barang lain.

Hal ini mungkin sulit karena: barang lain mau ditaruh dimana lagi? Alternatifnya adalah lemari piring atau lemari khusus alat masak.

KonMar berkata ENDEUSiast akan melihat betapa berubahnya dapur ketika ENDEUSiast memiliki ruang lebih untuk berkreasi.

4/ Simpan alat makan tegak dalam lemari piring dan jangan dicampur

Simpan alat makan dalam rak atau lemari piring secara tegak. Entah ENDEUSiast mau menghadapkan secara vertikal atau horizontal, tapi KonMar lebih menyarankan vertikal.

Selain itu, jangan campur alat makan satu dengan yang lain. misal sendok dengan garpu, atau piring dengan mangkok. Organisasikan mereka dalam tempat yang berbeda.

5/ Ingatlah untuk selalu membersihkannya saat melakukan pekerjaan dapur

Kalau dapur sudah bersih dan siap digunakan, sekarang ENDEUSiast harus mengatur ulang mindset bahwa kotoran sekecil apapun harus dibersihkan. Mau sisa minyak, atau sisa sayur, sampah kemasan, dan lainnya.

Metode ini sudah banyak dipraktekkan dan berhasil membuat dapur bersih. Tapi ingat, dalam melakukan pembersihan, jangan merasa seperti ENDEUSiast harus bertujuan ‘menyederhanakan’. Tugas akhirnya adalah menciptakan dapur yang ENDEUSiast cinta dan Spark Joy . Untuk tips lengkapnya ENDEUSiast bisa membaca sendiri buku tersebut. selamat mencoba!

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.