Dapur bersih dan dapur kotor memiliki fungsi yang berbeda. Apa itu?

Setiap rumah memiliki ruangan untuk mengolah bahan makanan menjadi makanan yang siap disantap. Ruangan ini disebut daput. Umumnya, di dapur terdapat peralatan memasak seperti kompor, oven, dan microwave. Kulkas dan tempat mencuci piring serta makanan juga umum ditemui di dapur.

Saat ini, banyak orang membuat dua dapur yang berbeda di rumahnya. Kedua dapur ini dibuat berdasarkan fungsinya dan disebut dengan dapur bersih dan dapur kotor. Dapur bersih adalah tempat untuk menyiapkan makanan yang telah diolah. Sedangkan dapur kotor digunakan untuk mencuci dan mengolah bahan makanan.

Membedakan dapur kotor dan dapur bersih di Indonesia adalah bentuk penyerapan budaya barat. Dalam bahasa Inggris, dapur bersih disebut dengan pantry. Pemilik rumah yang senang memasak biasa mengundang teman-teman untuk menikmati hidangan di dapur bersih. Hal ini agar pemilik rumah dapat berbincang-bincang dengan tamunya selagi memasak.

Kali ini, Endeus.tv akan membahas lebih dalam tentang dapur bersih dan dapur kotor. Simak penjelasan di bawah ini ya.

Dapur Bersih

Dapur bersih biasanya berada di dekat rumah tamu. Dapur bersih tidak memiliki pembatas antar ruangan. Biasanya terdapat meja makan atau bar agar orang yang memasak bisa berbincang santai dengan tamunya. Di dapur bersih, ENDEUSiast bisa memajang peralatan makan yang cantik dan unik. Selain bisa digunakan, peralatan makanan ini akan menjadi hiasan dapur yang menarik.

Dapur bersih terlihat lebih cantik dan menarik. Di tempat ini pemilik rumah hanya memasak masakan yang mudah dan praktis, menghangatkan makanan, atau menyiapkan makanan yang siap disantap. Oleh karena itu, di dapur bersih hanya terdapat peralatan-peralatan memasak yang sederhana seperti microwave untuk menghangatkan makanan, kompor, dan kulkas. ENDEUSiast bisa meletakkan alat-alat sederhana yang penting untuk membuat sarapan di dapur bersih.

Dapur Kotor

Dapur bersih terletak jauh dari ruang tamu. Biasanya diletakkan di belakang dapur bersih. Ada penyekat atau tembok yang memisahkan dapur kotor dengan ruangan lain dalam rumah. Di dapur kotor, ENDEUSiast bisa melakukan proses memasak yang berat atau lebih ribet. ENDEUSiast tidak perlu khawatir jika dapur ini kotor karena aktivitas memasak. Segala proses memasak yang membuat kotor peralatan dapur bisa dilakukan tanpa mengotori dapur bersih.

Nah itu tadi perbedaan dapur bersih dan dapur kotor. Dengan memiliki dapur bersih dan dapur kotor di rumah, ENDEUSiast bisa membedakan aktivitas memasak yang berat dan yang ringan. Dengan begitu, peralatan memasak di dapur bersih tidak akan kotor dan berminyak secara berlebihan karena aktivitas memasak yang membuat kotor di lakukan di dapur kotor.

Selain kelebihan, memiliki dua dapur yang berbeda di rumah juga memiliki kekurangan yang perlu ENDEUSiast perhatikan. Pertama, ENDEUSiast perlu membeli peralatan masak yang lebih banyak untuk diletakkan di dua dapur yang berbeda. Kedua, ENDEUSiast perlu menyiapkan space lebih untuk membuat dapur bersih dan dapur kotor. Ketiga, tentu saja ENDEUSiast harus merogoh kocek lebih dalam untuk membangun dua ruangan ini di rumahmu.

Bagaimana? Apakah ENDEUSiast tertarik memiliki dapur bersih dan dapur kotor di rumah?

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.