Membekukan makanan untuk bekal tidak boleh sembarangan, berikut ini caranya.

Salah satu cara mudah menyiapkan bekal adalah dengan membuat makanan beku. Sehingga ketika hendak digunakan, ENDEUSiast tidak perlu repot lagi dan tinggal menghangatkan makanan yang sudah ada. Makanan yang dibekukan bisa dalam bentuk makanan mentah ataupun makanan matang.

Meskipun membekukan makanan terkesan mudah, ternyata ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Proses pembekuan makanan yang tepat bisa menjaga kualitas makanan sehingga tetap lezat ketika hendak disajikan. Berikut ini beberapa cara membekukan makanan untuk bekal anak.

1/ Tentukan Suhu Freezer

Membekukan makanan dalam freezer harus menggunakan suhu yang tepat. Proses pembekuan harus dibawah suhu 0 derajat celcius. Sebagian besar indicator suhu pada freezer tidak menyertakan suhu dengan akurat sehingga bila perlu gunakan termometer khusus freezer.

2/ Catat Bahan Makanan

Hampir semua bahan makanan, baik mentah dan matang, bisa dibekukan. Dari sayur potong, seafood, daging, hingga bakso, soto, ataupun saus, dan sayur tumis. Yang perlu diperhatikan adalah masa penyimpanan masing-masing makanan.

Perlu diperhatikan bila setiap makanan mempunyai masa penyimpanan yang berbeda dan sebaiknya makanan tidak dibekukan melebihi masanya. Oleh karena itu, ENDEUSiast perlu mencatat kapan mulai pembekuan dengan menggunakan stiker yang ditempel pada kemasan makanan. Dengan cara ini ENDEUSiast tidak khawatir lagi dengan waktu kadaluarsa makanan beku.

3/ Gunakan Pembungkus atau Wadah Khusus

Untuk menghindari kontaminasi makanan selama proses pembekuan, sangat dianjurkan untuk menggunakan wadah atau pembungkus khusus. Untuk makanan matang, sebaiknya menggunakan wadah khusus freezer yang terbuat dari kaca seperti gelas atau toples.

ENDEUSiast juga bisa menggunakan wadah plastik khusus freezer yang bisa ditutup dengan rapat. Untuk menghindari freezer burn, ENDEUSiast bisa menggunakan aluminium foil untuk membungkus makanan yang akan dibekukan.

Agar lebih mudah ketika pencairan, usahakan untuk membekukan makanan berdasarkan porsinya. Sehingga ketika hendak digunakan, ENDEUSiast tidak perlu mencairkan makanan dalam jumlah banyak kemudian membekukannya lagi.

4/ Perhatikan Cara Pencairan

Yang tidak kalah penting dari proses pembekuan adalah pencairan makanan. Proses ini yang paling tricky karena bakteri rentan berkembang ketika makanan dicairkan. Untuk menghindari bakteri berkembang, ENDEUSiast bisa meletakkan makanan dari freezer ke chiller selama semalaman.

Misalnya ENDEUSiast hendak mencairkan kari ayam untuk bekal besok pagi, maka ENDEUSiast bisa meletakkan kari ayam beku dari freezer ke chiller saat malam. Sehingga ketika pagi, ENDEUSiast tinggal menghangatkan kari ayam dan mempersiapkan makanan yang lain.

Membekukan makanan untuk bekal bisa menghemat banyak waktu persiapannya. ENDEUSiast tidak perlu lagi repot untuk menyiapkan menu bekal dan hanya perlu menghangatkan beberapa makanan yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.