Mau coba membuat soto ayam ketika liburan? Pastikan kalau soto buatanmu punya 5 unsur berikut ini.

Hampir setiap daerah mempunyai racikan soto ayam yang khas. Bahan dan bumbu yang digunakan untuk soto tersebut bisa saja berbeda dan menjadikannya khas dan tidak sama dengan daerah lainnya.

Kalau ENDEUSiast ingin mencoba belajar memasak ketika liburan, salah satu resep yang wajib dicoba adalah soto ayam. Makanan yang satu ini mempunyai variasi yang sangat banyak dan bisa dikreasikan sesuai selera. Berikut ini adalah beberapa unsur yang perlu diperhatikan ketika membuat soto ayam.

1/ Kuah

Secara umum kuah soto ayam dibagi menjadi tiga jenis, kuah bening, kuah santan, dan kuah kuning. Soto ayam kuah bening biasa ditemukan pada jenis soto Banjar, soto Kudus, soto Sadang, dang juga soto Mie. Sedangkan untuk soto kuah santan biasa digunakan untuk soto tangkar, soto Medan, dan soto Betawi .

Untuk soto kuah kuning biasanya digunakan untuk soto Lamongan, soto Bogor, dan soto Madura. Ketiga jenis kuah soto ini mempunyai cita rasa yang berbeda dan ENDEUSiast bisa membuat salah satunya sesuai dengan selera ENDEUSiast.

2/ Daging

Bahan utama soto ayam atau bisa juga daging. Bila menggunakan ayam, ENDEUSiast bisa menggunakan ayam kampung atau ayam betina karena mempunyai rasa yang gurih dan banyak lemaknya. Selain bagian daging, soto juga biasanya menyertakan bagian jeroan seperti ampela dan uritan ayam. Beberapa orang juga menggunakan ceker ked alma soto sebagai kaldu agar kuah semakin gurih.

3/ Sayuran

Soto tanpa sayur sangatlah tidak lengkap. Sayuran memberikan variasi tekstur yang berbeda sehingga rasa soto semakin lezat. Sayuran yang umum digunakan dalam soto adalah tauge dan kubis atau sayur kol.

Beberapa varian soto seperti soto Betawi menggunakan irisan tomat dan kentang rebus dalam soto. Selain itu, soto Bandung menggunakan lobak dalam kuahnya dan juga irisan tomat. ENDEUSiast juga bisa menambahkan irisan daun bawang atau seledri sehingga aroma soto menjadi lebih sedap.

4/ Bahan dan bumbu

Salah satu kunci kelezatan soto terletak pada bahan dan bumbunya. Ada beberapa variasi soto yang menggunakan bahan unik untuk soto seperti soto Pekalongan yang dicampur dengan tauco atau sroto khas Sukoraja yang menggunakan campuran sambal kacang. Sementara itu soto khas Boyolali menggunakan taburan bawang putih sehingga aromanya semakin kuat.

5/ Rasa

Salah satu unsur kelezatan soto dilihat berdasarkan rasanya. Rasa soto juga bisa bervariasi tergantung dengan daerah asalnya. Ada yang kaya rempah dan ada yang rasanya ringan dan gurih. Selain itu penambahan koya pada soto atau penggunaan santan juga membuat rasa soto semakin lezat.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.