Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Install

Kolak pisang emang juara banget sebagai menu buka puasa. Tapi nggak semua jenis pisang enak dibuat kolak loh.

Belum lengkap rasanya bila menu buka puasa tidak ada sajian hidangan manis yaitu kolak. Citarasanya yang manis memang sangat pas untuk menghilangkan rasa haus setelah seharian berpuasa. Orang-orang banyak yang memilih menghidangkan kolak ketika masih hangat namun tidak menutup kemungkinan juga disajikan dengan keadaan dingin. Intinya sesuai dengan selera aja.

Dari sekian banyak aneka kolak, kolak pisang yang paling populer di bulan Ramadan. Namun, perlu diketahui bahwa dalam membuat kolak pisang harus menggunakan jenis pisang tertentu. Karena nggak semua jenis pisang bisa dijadikan sebagai bahan utama membuat kolak.

Kira-kira jenis pisang apa saja yang cocok untuk kolak? Mari lihat daftarnya di bawah ini

1. Pisang Tanduk

Pisang tanduk memiliki ukuran yang paling besar bila dibandingkan dengan jenis pisang lainnya. Untuk bisa menikmati rasa manis dan legit dari pisang tanduk ini sebaiknya diolah menjadi bahan makanan saja ya, seperti misalnya untuk kolak. Jika dimakan secara langsung mungkin nggak seenak bila diolah terlebih dahulu.

Terkadang, orang masih bingung untuk membedakan mana pisang tanduk dan yang mana pisang agung. Kedua jenis pisang ini memiliki bentuk yang serupa. Maka dari itu, sebelum membeli pisang sebaiknya periksa dulu bagian kulitnya.

Ciri khas dari pisang tanduk adalah kulitnya tebal dengan warnanya yang agak kemerahan serta bintik hitam. Bila pisang tanduk sudah matang maka bagian daginya akan berwarna putih kekuningan. Nggak susah kan untuk membedakannya?

2. Pisang Nangka

Jenis pisang yang satu ini memiliki aroma khas dengan rasanya yang manis asam. Bila dicampurkan dengan kuah santan maka rasanya menjadi manis, asam, gurih. Sebuah perpaduan rasa yang sempurna. Tekstur pisang nangka yang agak keras inilah yang menjadi alasan mengapa cocok dijadikan sebagai olahan kolak pisang.

Jangan bingung ya ketika melihat warna pisang nangka yang tetap hijau walau sudah matang. Mungkin kita masih agak kesulitan untuk membedakan mana pisang nangka yang sudah matang dan belum, karena warna kulitnya yang tetap hijau.

Maka untuk membedakannya, perhatikan bagian tandan. Pilihlah tandan pisang yang berwarna hijau, itu artinya pisang masih bagus. Jika sudah muncul tanda berwarna cokelat atau kering maka pisang tersebut sudah nggak segar lagi.

3. Pisang Kepok

Bisa dibilang pisang kepok menjadi pisang yang paling tepat untuk dijadikan sebagai olahan kolak pisang. Pisang kepok terdiri dari dua jenis, yaitu kepok kuning dan kepok putih. Secara alami, warna pisang kepok yang sudah matang adalah warna kuning yang bercampur dengan warna hijau.

Jadi, ketika hendak membeli pisang kepok, hindari pisang yang berwarna kuning merata karena kemungkinan pisang tersebut sudah disemprot dengan pewarna agar terlihat segar dan matang.

Itulah beberapa pilihan pisang untuk sajian menu buka puasa kolak. Kamu juga bisa melihat resep kolak pisang kukus untuk dicoba di rumah.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya