Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Apakah ENDEUSiast menyukai masakan berbahan jengkol? Intip beberapa kreasi jengkol berikut yang mudah untuk dibuat di rumah.

Keunikan masakan Indonesia memang tidak terbatas. Buktinya Masakan dengan bahan-bahan yang unik menjadi favorit banyak orang, salah satunya adalah jengkol. Bahan masakan yang satu ini terkenal dengan baunya yang tidak sedap namun justru menjadi makanan favorit banyak orang. Sebenarnya ada banyak cara membuat jengkol menjadi masakan yang lezat dan tidak berbau menyengat. Berikut ini adalah beberapa masakan serba jengkol yang dijamin tidak berbau. Adakah favoritmu?

1/ Rendang Jengkol

Tidak hanya daging sapi atau ayam saja yang bisa diolah menjadi rendang, namun juga jengkol. Rendang jengkol ini adalah masakan jengkol yang klasik namun masih menjadi favorit banyak orang. Masakan yang satu ini banyak ditemukan di rumah makan Padang. Sebenarnya rendang jengkol menggunakan bumbu yang sama dengan rendang pada umumnya yaitu rempah-rempah dan santan. penggunaan bumbu yang intens ini membuat jengkol menjadi tidak berbau dan lebih sedap.

2/ Jengkol Balado

Selain rendang, jengkol balado adalah salah satu masakan jengkol yang populer. Masakan yang satu ini juga mudah ditemukan di rumah makan Padang. Warna balado yang merah karena menggunakan cabai membuat masakan jengkol ini terlihat sangat menarik. Selain itu, rasa pedas balado membuat ENDEUSiast lupa dengan bau jengkol yang menyengat.

3/ Jengkol Sambal Hijau

Selain dimasak balado, jengkol juga bisa diolah menjadi jengkol sambal hijau. Sambal hijau memang banyak digemari karena rasa cabai hijau yang berbeda dengan cabai merah. Bila dipadukan dengan jengkol, rasanya semakin sedap dan pasti akan membuat ENDEUSiast lupa diet. Cara membuat jengkol sambal hijau ini juga mudah sekali yaitu hanya menggunakan cabai hijau, bawang merah, dan bawang putih yang sudah dihaluskan. Jangan menghaluskan cabai hingga benar-benar halus. Usahakan masih ada potongan-potongan cabai agar lebih nikmat ketika dimakan.

4/ Semur Jengkol

Salah satu masakan jengkol yang paling populer adalah semur jengkol. Masakan yang satu ini mudah ditemukan di banyak rumah makan hingga warteg. Semur jengkol ini biasanya dihidangkan dengan nasi uduk dan lauk lainnya. Rempah-rempah pada semur yang kuat membuat aroma jengkol yang tidak sedap bisa dinetralkan dan menjadi lebih lezat.

5/ Gulai Jengkol

Siapa bilang kalau gulai hanya terdiri dari gulai kambing atau gulai ikan. Jengkol juga bisa diolah menjadi gulai dengan rasa yang sama lezat. Sekilas gulai jengkol memang terlihat mirip dengan rendang jengkol, namun sebenarnya tidak sama. Rempah-rempah dan bumbu yang digunakan pada gulai berbeda dengan rendang, namun keduanya tetap sama-sama lezat. Salah satu kunci kelezatan jengkol adalah dengan menggunakan rempah-rempah aromatic sehingga baunya bisa dinetralisir dan tidak terlalu menyengat.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.