Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Masakan nusantara identik dengan aneka bumbu dan rempah, begitu juga dengan masakan Jepang. Bila digabung tentu akan menjadi makanan yang unik.

Masakan khas Jepang sebenarnya sudah cukup lama masuk ke Indonesia. Bahkan di setiap pusat perbelanjaan atau di jalanan, kita akan mudah menemukan restoran yang menyajikan masakan Jepang. Hadirnya kuliner dari budaya lain tentu ada yang suka dan tidak. Apalagi masakan Jepang terkenal dengan penggunaan bahan mentah, tentu kurang bisa diterima oleh masyarakat Indonesia. Maka dari itu, solusinya adalah dengan membuat kreasi ide masakan yang merupakan perpaduan antara kuliner nusantara dan masakan Jepang.

Bahan yang digunakan menggunakan khas Jepang, tetapi untuk cita rasa disesuaikan dengan lidah orang Indonesia. Istilah dari perpaduan masakan antara 2 budaya ini disebut dengan fusion food. Inilah beberapa daftar masakan yang merupakan hasil kolaborasi dari Masakan Jepang.

1/ Onde-Onde Green tea

Bagi yang sering berbelanja ke pasar tradisional pasti sering melihat ada banyak pedagang kue yang menjual onde-onde. Umumnya, onde-onde diisi dengan kacang hijau yang telah dihaluskan. Namun apa jadinya bila ada onde-onde yang isinya menggunakan green tea.

Di Indonesia ternyata sudah ada restoran yang berhasil mengkombinasikan onde-onde dengan teh Jepang, yaitu green tea atau matcha . Memiliki tekstur kulit yang kenyal, ditambah dengan isian yang menggunakan green tea, memberikan sensasi kelezatan tersendiri dalam sekali gigitan. Bagi ENDEUSiast yang ingin mencoba camilan lokal dengan rasa khas Jepang maka bisa mencoba yang satu ini. Untuk membuat onde-onde yang kenyal dan empuk bisa ENDEUSiast lihat resepnya di sini.

2/ Sushi Rendang

Masakan Jepang yang bernama sushi ini terbuat dari bahan utama nasi yang digulung, lalu diisi dengan aneka sayuran dan rumput laut. Sedangkan rendang merupakan salah satu masakan nusantara yang tidak perlu diragukan lagi kelezatannya. Apakah ENDEUSiast pernah membayangkan bila kedua masakan dikombinasikan menjadi satu sajian yang lezat?

Memang betul, kini telah hadir kreasi hidangan baru yaitu sushi rendang. Bahan utama dan teknik pembuatannya tetap menggunakan cara khas Jepang hanya untuk isiannya diganti dengan rendang. Sudah banyak restoran di berbagai kota di Indonesia yang menjual sajian fusion food satu ini.

3/ Sushi Seblak

Di Bandung, ENDEUSiast bisa menemukan jenis fusion food yang satu ini. Isiannya menggunakan seblak yang terkenal dengan rasa pedasnya. Tingkat kepedasannya pun bisa ENDEUSiast pilih sesuai selera. Sekilas sajian ini nampak biasa saja tetapi ketika ENDEUSiast mengigitnya akan terasa cita rasa seblak yang pedas. cocok buat ENDEUSiast yang suka makanan pedas.

Itulah beberapa daftar masakan nusantara yang ternyata bisa dikombinasikan dengan masakan Jepang sehingga menjadi sajian yang lezat.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.