Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Install

Masakan nusantara tidak selalu membutuhkan bahan yang ribet. ENDEUSiast bisa menggunakan mie untuk menghasilkan masakan nusantara yang lezat.

Mie dikenal sebagai bahan masakan sederhana yang bisa dibuat oleh siapapun. Harganya yang murah juga menjadi alasan mengapa mie menjadi favorit orang Indonesia. Bila kita malas masak, bisa membuat mie sederhana yang hanya membutuhkan waktu memasak sekitar 10 menit saja.

Nah, bila ENDEUSiast tertarik untuk membuat kreasi mie menjadi masakan yang lezat, mengapa tidak mencoba beberapa referensi masakan nusantara dari bahan olahan mie yang ada di bawah ini. Dijamin setelah melihat daftarnya ENDEUSiast akan merasa lapar. Mari kita langsung lihat selengkapnya.

1/ Mie Kocok

Diberi nama mie kocok karena memang proses penyajiannya melalui tahapan dikocok-kocok terlebih dahulu, kemudian dimasukkan ke dalam wadah logam bergagang yang bolong. Kuliner mie khas Bandung ini terbuat dari mie kuning yang menggunakan kuah kaldu sapi kental. Untuk isiannya menggunakan bakso, kikil, taoge, perasan air jeruk nipis, daun bawang yang telah diiris dan bawang goreng. Proses memasaknya, mie akan dikocok-kocok pada wadah khusus tadi sembari mencelupkannya di air panas.

Pada beberapa variasi resep mie kocok, isiannya ada yang menggunakan daging sapi, babat sapi bahkan ceker ayam. Bagi ENDEUSiast yang ingin tahu resep membuat mie kocok bisa dilihat resep mie kocok khas Bandung.

2/ Mie Cakalang

Bila ENDEUSiast berkunjung ke Manado, maka jangan lupa untuk mencicipi masakan khasnya yang berbahan baku mie ini. Sesuai dengan ciri khas masakan Manado yang pedas, cita rasa pada mie cakalang juga terkenal pedas. Masakan nusantara yang satu ini disajikan dengan menggunakan kuah bening dan diisi dengan irisan daging ikan cakalang. Tidak lupa untuk memberikan merica agar terasa pedasnya.

Untuk menambah cita rasa pedas pada mie cakalang ini bisa juga ditambahkan sambal yang terdiri dari sambal Lombok ijo atau sambal lombok merah. ENDEUSiast bisa pilih salah satu dari kedua sambal tersebut sesuai dengan selera.

3/ Mie Lethek

Mie lethek merupakan kuliner yang berasal dari Yogyakarta. Proses pembuatan mienya juga terbilang masih menggunakan cara tradisional dengan bahan bakunya adalah tepung tapioka dan gaplek. Diberi nama mie lethek karena memang tampilannya yang kurang menarik alias lethek dengan warna kuahnya yang kuning kekusaman. Tetapi warna kuah yang lethek tersebut justru menjadi daya tarik tersendiri dan sudah melegenda. Isian yang biasa digunakan bisa berupa telur ayam kampung, telur bebek, daging ayam suwiran dan aneka sayuran.

Setelah membaca daftar di atas apakah ENDEUSiast sudah mulai merasa lapar? Selamat mencoba ENDEUSiast!

Home
Pencarian
Profil
Lainnya