Masakan khas Yogyakarta yang terkenal adalah gudeg. Ternyata, masih banyak masakan khas yang mungkin belum pernah ENDEUSiast dengar sebelumnya.

Berkunjung ke Yogyakarta rasanya belum lengkap bila tidak mencicipi masakan khasnya. Hampir setiap sudut dari kota meninggalkan kesan indah di lidah dan hati bagi siapa saja yang pernah berkunjung.

Masakan khas Yogyakarta yang paling terkenal adalah gudeg. Warnanya yang coklat gelap serta rasanya yang manis membuat siapa saja ketagihan. Tetapi, tidak hanya gudeg saja, masih banyak beragam masakan khas lainnya yang mungkin belum pernah ENDEUSiast coba. Berikut daftar selengkapnya.

1/ Oseng-Oseng Mercon

Bagi ENDEUSiast para pecinta pedas patut senang karena di Yogyakarta terdapat sebuah masakan yang terkenal super pedas. Apa itu? Namanya adalah oseng-oseng mercon. Bahan isian pada oseng-oseng mercon terdiri dari tulang muda, kikil, kulit dan lemak yang dicampur dengan bumbu super pedas yang membuat siapa saja bakal merasa meledak kepedasan layaknya mercon.

Untuk bisa menikmati masakan super pedas ini ENDEUSiast bisa langsung menuju ke jalan KH. Ahmad Dahlan. Disana ENDEUSiast akan menemukan banyak pedagang yang menjual oseng-oseng mercon. Tertarik untuk membuatnya dirumah? coba gunakan resep membuat oseng-oseng mercon yang satu ini. Jadi ENDEUSiast bisa mengira-ngira seberapa banyak cabai yang akan digunakan.

2/ Mangut Lele

Di Yogyakarta, lele tidak hanya dihidangkan menjadi pecel lele saja tetapi juga bisa menjadi masakan berupa mangut lele. Teknik yang digunakan untuk memasak mangut lele terbilang unik.

Jadi pertama-tama lele dimasak dengan cara diasap menggunakan kayu bakar. Setelah matang barulah mencampurkan cabai yang telah diulek dan santan. Nantinya ENDEUSiast akan mendapatkan mangut lele yang berwarna merah yang berasal dari cabai. Sebagai pelengkapnya, ditambahkan petai yang dicampurkan pada masakan mangut lele.

3/ Brongkos Jogja

Masakan khas Yogyakarta lainnya adalah brongkos jogja. Masakan yang satu ini mirip dengan rawon, yang membedakan hanyalah penggunaan santan pada brongkos. Penggunaan santan pada kuah brongkos bertujuan agar menghasilkan kuah yang gurih dan kental. Warnanya cenderung coklat gelap karena menggunakan kluwak pada proses masaknya. Isi dari brongkos jogja cukup beragam terdiri dari telur, tahu, kacang tolo, kulit melinjo, daging dan tambahan beberapa potongan cabai bila yang menyukai pedas.

Sudah ada bayangan masakan mana yang hendak ENDEUSiast coba terlebih dahulu? Biar tidak bingung ENDEUSiast bisa membuat listnya sebelum berangkat ke Yogyakarta. Jadi sesampainya di kota tersebut ENDEUSiast bisa langsung menuju lokasinya. Bila belum sempat mencicipi semuanya, jangan khawatir masih ada kesempatan di lain waktu untuk berkunjung ulang ke kota Yogyakarta, selamat berwisata kuliner ya.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.