Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Menu masakan Indonesia mulai banyak digunakan pada acara potluck party. Namun ENDEUSiast harus pintar memadupadankan aneka masakannya.

Gaya potluck party kini mulai digemari di Indonesia karena dianggap lebih praktis dan bisa menciptakan suasana kebersamaan. Bila ENDEUSiast ingin membuat acara makan-makan bersama keluarga maka gaya potluck ini bisa ENDEUSiast terapkan.

Berbicara soal menu, ada banyak pilihan menu yang bisa ENDEUSiast sajikan pada potluck party. Salah satunya dengan menggunakan menu masakan Indonesia yang beraneka ragam. Lalu bagaimana cara merancang menu yang tepat dalam acara tersebut? Untuk lebih lengkapnya, mari kita simak pembahasan di bawah ini.

1/ Makna Potluck Party

Sebelum masuk ke tahap cara merancang menu yang tepat, ENDEUSiast harus tau arti dari potluck party terlebih dahulu. Potluck berasal dari kata pot lucke atau potlatch yang memiliki arti keberuntungan karena mendapatkan makanan dari panci. Gaya potluck ini sebenarnya sudah banyak diterapkan oleh orang barat seperti di Amerika.

Jadi prinsip dari pesta ini adalah ENDEUSiast bisa membawa makanan apapun secukupnya untuk dibawa ke pesta lalu dimakan bersama dengan tamu undangan lainnya karena kunci dari pesta ini adalah rasa kebersamaan yang dibangun.

2/ Tentukan Tema

Biasanya para tamu diharapkan untuk bisa membawa menu yang berbeda sehingga bisa dicicipi oleh tamu lainnya. Maka dari itu perlu adanya tema menu masakan seperti apa yang akan dipilih pada potluck party.

Semisal ENDEUSiast menentukan temanya adalah menu masakan Indonesia, maka buatkanlah daftar tamu beserta dengan menu masakan Indonesia seperti apa yang harus dibawa, sehingga semuanya bisa saling melengkapi mulai dari makanan pembuka hingga makanan penutup.

3/ Gunakan Kemasan Yang Praktis

Untuk kemasan yang akan digunakan untuk membawa makanan potluck party sebaiknya letakkan di wadah siap saji, sehingga ketika hendak dihidangkan tidak perlu memindahkannya di tempat lain. Khusus masakan Indonesia yang berkuah, seperti sup ayam pedas , sebaiknya siapkan juga panci atau wadah seperti mangkuk yang bisa langsung siap untuk dipanaskan karena makanan berkuah harus sering dipanaskan agar tidak cepat basi apalagi yang menggunakan bahan santan. Usahakan kemasan/wadah yang digunakan cukup praktis sehingga tidak merepotkan Tuan rumah.

Khusus untuk camilan kue atau buah, ENDEUSiast bisa menggunakan kemasan yang sekali ambil, sehingga lebih praktis dan tidak repot untuk menyediakan banyak wadah. Para tamu pun akan lebih mudah untuk langsung mengambil camilannya.

4/ Pastikan Porsi Sesuai

Dalam merancang menu masakan potluck party, pastikan bahwa masakan yang dibawa porsinya cukup untuk semua orang dan usahakan tidak ada yang tersisa, karena pasti akan terbuang sia-sia. Bila memang ada makanan yang tersisa, maka bisa disiasati dengan membungkusnya dan membawa pulang kembali. Para tamu juga bisa disarankan untuk membawa plastik atau wadah lebih untuk berjaga-jaga bila ada makanan yang tersisa.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.